Menurut Studi, Apel Bisa Jadi Alternatif Makanan Berserat untuk Kucing
Ilustrasi makanan berserat untuk kucing (Unsplash/Piotr Musior)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Kucing merupakan hewan karnivora, meski begitu mereka tetap membutuhkan serat. Referensi makanan berserat untuk kucing, menurut studi, apel bisa jadi pilihan. Apel, merupakan salah satu buah paling populer yang bisa ditemukan di mana saja dan kapan saja.

Dalam berbagai varietas, perlu dipilih paling tepat mana yang boleh dimakan kucing. Tetapi perlu diperhatikan, bahwa batang, daun, dan biji apel mengandung zat kimia yang disebut amygdalin. Bahan kimia ini melepaskan sianida, yang berpotensi memperpendek umur ketika masuk ke aliran darah. Untuk mengembangkan keracunan sianida, tidak dalam jumlah kecil. Memerlukan menelan 83-500 biji apel.

Untuk diberikan pada kucing, hindari biji, daun, dan batangnya. Penting pula dicatat seberapa porsi untuk kucing.

Apel tidak mengandung banyak protein dan tidak mengandung taurin sama sekali. Kucing tidak dapat mensintesis taurin, jadi membutuhkan makanan berserat. Karena apel tinggi serat, ini juga dapat membantu kucing mengatasi serangan diare. Tetapi terlalu banyak serat juga dapat menyebabkan masalah pencernaan pada kucing. Itu berarti, berikan apel pada kucing dalam jumlah sedang.

makanan berserat untuk kucing
Ilustrasi makanan berserat untuk kucing (iStockphoto/Maksim Kirov)

Selain itu, penelitian dilansir The Spruce Pets, Selasa, 29 November, meneliti tentang apel kering pomace yang dibuat khusus untuk kucing. Ampas apel kering ini, adalah produk sampingan dari pengolahan produk apel, antara lain sari buah apel, jus, dan cuka. Dari penelitian ini, menunjukkan bahwa ampas apel dapat menurunkan daya cerna protein kasar dalam makanan kucing. Ini berarti dapat membuat kucing sulit mencerna protein dalam makanannya.

Sepotong apel untuk kucing, tidak apa-apa asalkan segar dan ukurannya kecil. Meski apel yang dimasak lebih mudah dikunyah dan dicerna kucing, tetapi gula tambahan membuat pencernaan kucing tidak sehat. Lebih detail lagi, memang lebih baik memberikan makanan berserat untuk kucing yang tidak mengganggu pencernaannya. Jikapun memungkinkan, Anda bisa memberikan sepotong kecil buah apel untuk menikmatinya. Karena apel mentah ukuran kecil tidak memiliki efek buruk pada pencernaan hewan karnivora seperti kucing.