Mencari Penyebab Muka Bintik-bintik Kecil Warna Putih dan Cara Menanganinya dengan Mudah
Ilustrasi skincare hilangkan milia (iStockphoto)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Meski kerap terjadi, tak semua orang tahu penyebab muka bintik-bintik kecil berwarna putih yang sangat mengganggu penampilan dan kecantikan. Kemunculan bintik tersebut biasanya terjadi di area bawah mata, pipi atas, dan dagu.

Bintik kecil tersebut dengan dengan milia. Tidak hanya terjadi pada orang dewasa, milia juga dialami oleh bayi. Tak perlu khawatir dengan kondisi tersebut karena milia bisa diobati. Namun Anda disarankan untuk mengetahui penyebab kemunculan milia di wajah.

Penyebab Muka Bintik-bintik Kecil

Dikutip dari berbagai sumber, kemunculan milia bisa terjadi karena beberapa penyebab. Secara alamiah milia biasa terjadi karena penumpukan atau serpihan kulit mati yang gagal mengelupas, namun tertumpuk dan mengeras di bawah kulit baru. Pengerasan itu membentuk milium.

Selain karena pengerasan sel kulit mati, milia juga bisa dipicu karena cidera, ruam, atau terkena paparan sinar matahari berlebih.

Meski tidak berbahaya, kemunculan milia kerap dikeluhkan karena mengganggu penampilan. Selain itu kemunculan milia juga membuat pengaplikasian makeup di wajah jadi kurang maksimal.

Tips Mengatasi Bintik di Wajah

Untuk menghilangkan milia, Anda bisa melakukan beberapa tips yang mudah dan bisa dicoba di rumah berikut ini.

  1. Menjaga Kebersihan Wajah

Kemunculan milia diperparah karena kondisi wajah yang kotor. Oleh karenanya Anda harus rajin cuci muka untuk mencegah sekaligus menghilangkan milia. Anda bisa menggunakan sabun cuci muka terutama setelah Anda beraktivitas di luar ruangan.

  1. Uap Air Hangat

Tips menghilangkan milia selanjutnya adalah menggunakan uap air hangat untuk membuka pori-pori kulit wajah. Dengan begitu kotoran yang terperangkap di kulit akan dengan mudah terangkat.

  1. Pakai Krim Retinoid

Cara ini juga cukup ampuh untuk mengobati milia, yakni menggunakan krim retinoid yang berfungsi untuk membuat sel kulit mati sekaligus merangsang pertumbuhan kulit baru. Kandungan vitamin di dalam kri retinoid juga membantu kesehatan dan kecantikan kulit.

  1. Produk yang Mengandung Asam Salisilat

Gunakan produk perawatan kulit wajah yang mengandung asam salisilat. Kandungan tersebut berguna untuk mempercepat pengelupasan kulit mati dan mengikis lapisan milia secara perlahan. Penggunaan asam silisilat biasanya dilakukan pada malam hari.

  1. Masker Madu

Menggunakan masker yang terbuat dari madu juga membantu menyehatkan kulit dan menghilangkan milia. Seperti diketahuhi, madu bersifat antimikroba yang membantu stelilisasi mikroba di kulit wajah dan menyehatkan kulit, sehingga proses detoksisasi lebih cepat terjadi.

  1. Rajin Memakai Sunscreen

Milia terjadi juga karena peradangan yang disebabkan paparan sinar matahari berlebih. Saat Anda beraktivitas di luar ruangan usahakan mengaplikasikan sunscreen di wajah agar kulit tak iritasi. Penggunaan sunscreen dilakukan untuk mencegah dan mengurangi milia di wajah.

  1. Eksfoliasi Wajah

Eksfoliasi wajah adalah pengelupasan kulit mati yang biasanya dilakukan di bagian wajah. Proses ini bisa dilakukan dengan cara menggosokkan scrub kulit secara perlahan di bagian yang terdapat milia. Anda disarankan untuk memilih scrub yang tepat, baik produk pabrikan atau bahan-bahan alami.

  1. Face Peeling

Anda juga bisa melakukan face peeling dengan produk skincare yang mengandung asam salisilat atau asam glikolat. Anda juga disarankan rutin untuk melakukannya agar hasil yang didapat lebih maksimal.

Itulah beberapa informasi terkait penyebab muka bintik-bintik kecil atau milia. Untuk mendapatkan informasi menarik lain, kunjungi VOI.ID.