Bagikan:

YOGYAKARTA – Pakaian olahraga yang bersih dan wangi, membuat aktivitas aktif baik di lapangan atau dalam ruangan tetap nyaman serta menyenangkan. Tetapi kalau pakaian olahraga apek, bau keringat menempel kuat meski sudah dicuci, artinya Anda perlu melakukan beberapa langkah dalam mencucinya.

Pakaian santai atau pakaian olahraga, bau karena bakteri dan jamur menempel. Hal ini dapat dikurangi baunya kalau tubuh Anda tetap bersih. Kumpulan kuman yang tertinggal, juga dapat mengiritasi. Maka ini yang harus dilakukan ketika pakaian olahraga bau keringat menempel kuat.

1. Ganti pakaian basah keringat setelah olahraga

Sebelum menumpuk baju kotor yang basah keringat di dalam keranjang, Anda harus mengangin-anginkannya dulu. Tujuannya untuk mengurangi perkembangbiakan bakteri micrococcus dalam pakaian berbahan sintetis dipicu lembap keringat.

Kalau Anda menumpuk pakaian lembap, maka semakin sulit aroma keringat dihilangkan. Sebisa mungkin, segera cuci pakaian yang basah keringat.

cara menghilangkan bau keringat yang menempel pada pakaian olahraga
Ilustrasi cara menghilangkan bau keringat yang menempel pada pakaian olahraga (Freepik/stockking)

2. Jangan mencuci pakaian terlalu banyak sekali putaran pakai mesin cuci

Bahan serat pakaian juga menentukan seberapa mudah kuman ditumpas. Serat kain pakaian yang terbuat dari bahan sintetis teknologi tinggi, akan lebih mudah memerangkap kotoran dan bau. Selain itu, menjejalkan terlalu banyak pakaian dalam mesin cuci juga tidak memungkinkan pakaian dicuci bersih dan dibilas cukup. Melansir WebMD, Rabu, 3 Juli, jangan menggunakan terlalu banyak deterjen karena akan menimbulkan masalah baru.

3. Cuci pakai soda kue

Soda kue sangat bagus untuk membersihkan dan menetralkan bau keringat pada kain. Bisa ditambahkan ke air cucian. Atau untuk area membandel, buat pasta dari campuran soda kue dan air lalu oleskan ke area tersebut. Karena perlu didiamkan antara 15 menit atau direndam semalaman, penting untuk tahu betul ketahanan warna kain.

4. Mencampurkan air cucian dengan asam sitrat

Asam sitrat bermanfaat membersihkan pakaian dengan dua cara. Pertama membersihkan keringat yang menempel kuat pada pakaian. Selain itu, asam sitrat membantu memutihkan noda kuning pada pakaian karena keringat. Cara menghilangkan bau keringat pada pakaian olahraga memakai asam sitrat, campurkan air hangat dalam bak dengan 4 sendok teh asam sitrat. Perbandingannya, satu sendok teh untuk segelas air. Rendam pakaian semalam, kemudian cuci seperti biasa.

5. Mencuci pakaian dengan campuran cuka

Keluhan bau keringat pada pakaian olahraga, mungkin tidak sedikit yang mengalami. Cuka bisa membantu melawan bakteri yang menumpuk pada pakaian. Cara memakai cuka untuk menghilangkan bau keringat pada pakaian olahraga, yaitu dengan mencampurkan segelas cuka dengan air hangat setengah penuh mangkuk. Masukkan cucian kotor didalamnya, biarkan rendam selama satu jam. Setelahnya cuci pakaian seperti biasa.

Selain bahan dan cara untuk menghilangkan bau keringat dari pakaian yang dijelaskan di atas, bisa juga memanfaatkan obat kumur untuk menyegarkan aroma pakaian olahraga.