Apa Manfaat Olahraga Pakai Jaket Parasut? Baik untuk Kesehatan
Manfaat olahraga pakai jaket (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Tidak sedikit orang menjalani olahraga sambil mengenakan jaket, misalnya saat jogging. Tidak bisa dipungkiri bahwa pakaian menjadi faktor penting yang menunjang kenyamanan hingga performa berolahraga. Namun di samping itu, banyak orang mempertanyakan manfaat olahraga pakai jaket.

Kerap kali terlihat orang-orang jogging atau lari-lari ringan sambil mengenakan jaket. Namun sebagian orang justru merasa tidak nyaman saat berolahraga memakai jaket dan lebih suka mengenakan kaos dry fit yang bertekstur lentur dan ringan. Lantas apa manfaat olahraga pakai jaket?

Manfaat Olahraga Pakai Jaket

Banyak orang jogging mengenakan jaket untuk melindungi kulitnya agar tidak terpapar sinar matahari. Biasanya jenis jaket yang dipakai adalah jaket berbahan parasut. Jaket ini cocok digunakan untuk olahraga karena memiliki tekstur yang ringan, tipis, sekaligus stylish untuk mendukung penampilan. 

Ternyata mengenakan jaket parasut saat olahraga akan memberikan banyak manfaat. Berikut ini manfaat olahraga pakai jaket parasut yang perlu Anda tahu:

Membantu Tubuh Membakar Banyak Kalori

Saat seseorang berolahraga sambil memakai jaket, maka kalori yang terbakar pun akan lebih banyak. Berolahraga dengan mengenakan jaket parasut akan meningkatkan irama denyut jantung dan sirkulasi darah, sehingga membantu tubuh Anda mengeluarkan lebih banyak keringat.

Badan Anda akan lebih cepat berkeringat ketika bergerak dengan mengenakan jaket parasut. Anda akan merasakan perbedaan saat berolahraga memakai jaket biasa dan ketika pakai jaket parasut. 

Cepat untuk Melangsingkan Badan

Berolahraga memakai jaket memang banyak dilakukan oleh orang-orang yang sedang menjalani program diet. Dengan memakai jaket parasut saat berolahraga, maka membantu penurunan berat badan lebih cepat. 

Saat suhu tubuh meningkat dan keringat mengucur deras, lemak di badan pun turut menyusut atau berkurang. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan tubuh langsing lebih cepat.  

Melindungi dari Sinar Matahari

Manfaat lain dari memakai jaket saat berolahraga adalah untuk melindungi dari paparan sinar matahari. Dengan mengenakan jaket, maka tangan atau lengan Anda akan terlindung dari teriknya matahari saat jogging di siang hari. Cara ini cocok bagi Anda yang ingin sehat tanpa mengalami kulit gelap.

Membantu Mengeluarkan Racun dalam Tubuh

Berolahraga memakai jaket juga membantu mengeluarkan racun dalam tubuh. Ketika keringat mengucur maka secara otomatis racun-racun di dalam tubuh pun ikut keluar. Racun akan ikut keluar melalui pori-pori bersamaan dengan mengalirnya keringat. Langkah ini sangat baik untuk menjaga tubuh tetap sehat tanpa terganggu toksin. 

Menaikkan Suhu Tubuh secara Cepat

Saat akan memulai aktivitas olahraga, Anda disarankan melakukan stretching atau pemanasan terlebih dahulu. Gerakan pemanasan berfungsi untuk merangsang sendi dan otot, serta menghindarkan dari risiko cedera. Ketika Anda berolahraga pakai jaket maka suhu tubuh bakal naik lebih cepat seperti melakukan pemanasan.  

Melindungi dari Hujan atau Paparan Air

Selain melindungi dari panas matahari, pakai jaket saat olahraga juga berguna untuk menjaga tubuh Anda dari hujan atau paparan air. Apalagi jika Anda melakukan olahraga di luar ruangan saat musim hujan. Tentu tidak asyik ketika di tengah berlari atau jogging tiba-tiba turun hujan. 

Dengan memakai jaket parasut, Anda tidak akan cemas saat di tengah olahraga tiba-tiba hujan turun. Tubuh dan baju Anda tidak akan terkena air karena jaket parasut dibuat dengan bahan yang anti air. Sebaiknya lengkapi juga dengan memakai celana training berbahan parasut. 

Menjaga dari Terpaan Angin 

Memakai jaket parasut juga bermanfaat untuk melindungi Anda dari terpaan angin. Saat berolahraga di luar ruangan seringkali Anda mendapati angin yang berhembus cukup kencang. Jika tubuh Anda terkena angin cukup kuat atau terlalu sering maka bisa menyebabkan masuk angin. Dengan memakai jaket, Anda bisa berolahraga tanpa perlu mengkhawatirkan paparan angin. 

Demikianlah beberapa manfaat olahraga pakai jaket yang perlu Anda tahu. Supaya aktivitas olahraga berlangsung nyaman dan aman, pastikan Anda mengenakan jaket berkualitas terbaik dan memiliki ukuran yang pas di badan Anda. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kami menghadirkan berita terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.