Macam-Macam Olahraga di Udara, Cocok bagi Penyuka Tantangan dan Memacu Adrenalin
Olahraga di udara hang gliding (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Olahraga di udara termasuk dalam olahraga ekstrim yang menantang. Sebagian orang mungkin akan merasa ngeri ketika mendengar jenis olahraga tersebut. Namun tidak sedikit orang yang justru suka atau tertarik dengan olahraga di udara. Ada macam-macam olahraga di udara.

Olahraga di udara cocok bagi Anda yang menyukai tantangan dan kegiatan yang memicu adrenalin. Olahraga ini terhitung ekstrim karena memiliki risiko yang mengancam nyawa. Namun olahraga ini biasanya dilaksanakan atau dijalani oleh orang-orang profesional dan berpengalaman. 

Jika Anda menyukai sesuatu yang menantang dan ingin merasakan olahraga cara baru, berikut ini macam-macam olahraga di udara yang bisa Anda coba. 

Macam-Macam Olahraga di Udara

Skydiving

Salah satu olahraga di udara yang banyak digemari orang adalah sky diving. Olahraga ini membutuhkan peralatan berupa parasut dan payung untuk mendarat. Para divers atau pelaku sky diving akan melompat dari pesawat di atas udara. Olahraga ini biasanya dilakukan bersamaan dengan beberapa orang. 

Olahraga sky diving memang sangat menantang karena Anda akan melayang turun dari atas udara tanpa penjaga. Ketika melompat dari pesawat, Anda tidak langsung membuka parasut. Anda akan melayang-layang terlebih dahulu sambil beratraksi di udara selama beberapa waktu. Setelah mencapai batas ketinggian tertentu, Anda baru membuka parasut untuk pendaratan. 

Hang Gliding

Olahraga udara lainnya yang perlu Anda coba adalah hang gliding. Olahraga ini memang tidak seekstrim skydiving karena ketinggiannya lebih rendah. Meski begitu, hang gliding juga cukup memacu adrenalin Anda. 

Olahraga ini dilakukan dengan melompat dari atas bukit memakai alat berbentuk kerangka pesawat atau gantole. Anda akan melayang berkeliling dengan memegang gantole mengikuti sapuan angin. Bagi yang masih pemula, Anda bisa menikmati olahraga ini dengan didampingi instruktur yang terbang bersamaan dalam satu gantole. 

Wingsuit Flying

Jika Anda ingin merasakan pengalaman baru dan menantang di atas udara, wingsuit flying menjadi salah satu olahraga yang bisa Anda coba. Olahraga ini dilakukan dengan terbang di atas udara memakai perlengkapan berupa wingsuit. 

Penerbang akan berada di ketinggian tertentu untuk terjun dan melayang memakai wingsuit. Saat melayang turun dari udara, Anda akan meluncur bagai burung yang membentangkan sayap. Namun olahraga ini tidak boleh dilakukan oleh pemula. Wingsuit flying hanya diperbolehkan bagi orang yang pernah melakukan aksi terjun di udara sebanyak 200 kali. 

Base Jumping

Base jumping cocok bagi Anda yang menyukai aksi olahraga menantang. Olahraga ini dilakukan dengan cara melompat dari ketinggian untuk meluncur di udara menuju ke bawah. Pemain olahraga ini akan memakai perlengkapan baju khusus penerbangan yang dilengkapi dengan parasut. 

Seperti olahraga sky diving, saat melompat dari ketinggian Anda tidak langsung mengembangkan parasut. Anda baru membuka parasut di titik ketinggian tertentu sebelum menyentuh tanah. Olahraga ini dilakukan oleh profesional karena membutuhkan ketepatan waktu membuka parasut untuk pendaratan secara aman. 

Bungee Jumping

Bungee jumping adalah olahraga udara yang mirip dengan base jumping. Olahraga ini sama-sama menyajikan pengalaman menantang dan memacu adrenalin. Butuh keberanian besar untuk menjalani bungee jumping. Olahraga ini tidak membutuhkan alat parasut, tapi memakai tali pengaman yang kuat dan lentur. 

Pemain bungee jumping akan melompat dari ketinggian dengan badan yang sudah diikat tali kuat. Tali tersebut dikaitkan dari badan pelompat ke tiang penahan. Jadi saat Anda sudah melompat dan mencapai titik lontaran paling bawah, maka tali tersebut akan memantul kembali ke atas hingga energi lompatan habis. 

Demikianlah macam-macam olahraga di udara yang bisa Anda coba bagi yang menyukai pengalaman menantang dan memacu adrenalin. Ingat, sejumlah olahraga di atas memiliki risiko tinggi sehingga memerlukan persiapan dan peralatan sebaik mungkin sesuai standar keamanan. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.