Bagikan:

JAKARTA - Banyak yang belum menyadari bahwa gokart bukan hanya sekadar hiburan, tetapi juga merupakan olahraga motorsport yang memiliki potensi besar untuk melatih keterampilan mengemudi dan bagi siapa saja yang tertarik untuk mencoba dunia balap mobil.

Mesin gokart umumnya ringan dan kompak, tetapi tetap mampu memberikan tenaga yang cukup untuk pengalaman balap yang mendebarkan. Gokart sendiri juga dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan agar aman digunakan oleh pengendara pemula maupun profesional.

Pembalap drift Indonesia, Ziko Harnadi, menyampaikan bahwa gokart bisa menjadi langkah awal untuk meningkatkan keterampilan dasar mengemudi, seperti teknik steering. 

"Gokart itu bisa menjadi jenjang awal untuk meningkatkan skil, dan dapat melatih dasar-dasar seperti teknik steering," ujarnya saat konferensi pers Gokart Avenue di Jakarta, Rabu, 9 Oktober.

Ziko, yang pernah menjuarai D1GP South East Asia Championship 2024, menambahkan bahwa konsistensi dalam latihan akan membantu membentuk ingatan otot (muscle memory) yang bermanfaat, baik dalam dunia balap maupun saat berkendara sehari-hari. 

"Otomatis kalau memang konsisten, skill-nya akan terbawa," tambahnya.

7

Gokart Avenue sendiri adalah tempat baru yang berlokasi di Lebak Bulus, Jakarta. Areanya berdiri di atas lahan seluas 4.000 m2. Menariknya, gokart yang digunakan yaitu dari SODI Kart RT 8 yang diproduksi di Prancis.

Mengenai SODI Kart RT 8 yang digunakan pada Gokart Avenue, model ini dilengkapi dengan fitur keamanan tambahan yang membantu melindungi pegokart saat balapan, dibekali mesin Honda GX 270 dengan kapasitas 390 cc, menggunakan bahan bakar bensin dan memberikan performa yang mumpuni untuk berbagai lintasan.

"Keunggulannya yaitu dilengkapi dengan fitur keamanan yang lengkap, dan dapat melindungi pegokart saat balapan," kata Direktur Utama PT Sarana Akselerasi sebagai pengelola arena Gokart Avenue Romy Tahrizi, saat konferensi pers di Jakarta, Rabu, 9 Oktober.

Pada kesempatan yang sama, Alex salah satu perwakilan dari SODI juga membeberkan keunggulan model yang digunakan pada gokart avenue ini. Ia mengatakan, SODI Kart RT 8  dikenal tangguh dan juga digunakan di Eropa.

"SODI Kart RT8 ini sangat tangguh, dan tingkat keamanannya juga baik serta juga digunakan di Eropa," ungkapnya.

Secara latar belakang, konsep arena Gokart Avenue memang memiliki perbedaan dibandingkan dengan arena lain. Mulai dari kondisi lintasan yang menggunakan aspal dengan kualitas baik, timing system online, hingga ragam layout sirkuit yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Bicara mengenai karakter sirkuit Gokart Avenue, untuk kategori Rookie pengelola telah menyiapkan panjang lintasan 210 meter dengan total 12 tikungan. Sementara untuk layout kategori Expert, panjang lintasannya dibuat menjadi 310 meter dengan 16 tikungan.

Soal biaya sewa di Gokart Avenue, berkisar Rp150.000 buat dewasa. Sementara anak-anak Rp 125.000. Nantinya konsumen akan diberi jatah kurang lebih sekitar 5-10 menit dengan estimasi 15 putaran. Selain itu, konsumen juga disediakan helm, sarung tangan, dan balaclava.

Tim VOI juga berkesempatan langsung untuk menjajal SODI Kart RT 8. Memang handlingnya cukup baik, sabuk pengaman empat titik juga menjadikan pengguna cukup nyaman saat melintas di sirkuit.