Bagikan:

JAKARTA - Toyota Motor Corporation (TMC) akan turut serta dalam gelaran Japan Mobility Show Bizweek 2024 yang berlangsung di Makuhari Messe, Prefektur Chiba, Jepang pada 15-18 Oktober ini.

Perhelatan ini menjadi ajang unjuk gigi bagi pelaku industri mobilitas dalam memperkenalkan teknologi terdepan dan berkelanjutan yang canggih. Toyota akan memperkenalkan sejumlah inovasi menariknya dalam acara ini salah satunya Portable Hydrogen Cartridge.

7

Melansir dari laman resmi pabrikan, Kamis, 10 Oktober, Portable Hydrogen Cartridge sesuai dengan pengembangan mobil listrik bertenaga hidrogen Toyota digunakan untuk mengurangi ukuran dan berat tangki hidrogen dari berukuran besar dan sulit dibawa menjadi lebih kecil yang hanya digenggam dengan tangan. Portable Hydrogen Cartridge dirancang menjadikan hidrogen sebagai sumber energi yang familiar dan aman serta dapat digunakan dalam berbagai situasi sehari-hari.

Lalu ada juga alat masak bertenaga hidrogen yang dikembangkan bersama Rinnai Corporation juga akan dipamerkan sebagai contoh penggunaan hidrogen, di mana hidrogen dalam Portable Hydrogen Cartridge digunakan untuk sel bahan bakar guna menghasilkan listrik atau untuk memasak dengan membakar gas hidrogen di dalamnya.

Inovasi selanjutnya yang dipamerkan oleh Toyota ialah Sweep Energy Storage System. Teknologi ini akan memanfaatkan baterai bekas dari kendaraan listrik yang akan digunakan kembali demi memaksimalkan sisa kapasitas penyimpanan baterai pada setiap baterai. Hal ini akan berkontribusi pada stabilnya pasokan listrik dan penyebaran energi terbarukan yang dikombinasikan dengan sistem pembangkit listrik tenaga surya, angin, dan energi terbarukan lainnya, yang cenderung mengakibatkan pasokan listrik tidak stabil. Sistem ini dikembangkan oleh Toyota bersama dengan JERA Corporation 2018 lalu. Pada tahun 2022, inovasi tersebut telah terpasang untuk pertama kalinya di pembangkit listrik tenaga panas Yokkaichi JERA untuk demonstrasi.

9

Inovasi terakhir yang akan dibawa pabrikan ialah GR Corolla dengan bertenaga hidrogen. Toyota telah melakukan pengembangan pada mobil ini sejak 2021 lalu dan selalu turut serta dalam ajang balap ketahanan di Jepang. Berbasis dari GR Corolla yang dijual secara global, mobil ini sejalan dengan visi Toyota untuk menciptakan kendaraan yang bersih secara lingkungan saat digunakan.