Bagikan:

JAKARTA - Baru-baru ini, lembaga keselamatan Euro New Car Assestment Program (Euro NCAP) mengungkapkan hasil dari uji tabrak pada model Audi Q6 e-tron Quattro.

Melansir dari laman Euro NCAP, Rabu, 9 Oktober, SUV tersebut memperoleh hasil lima bintang dalam pengujian yang ketat. Badan Badan ini telah menetapkan sejumlah kriteria pada pengujiannya.

Dalam Adult Occupant, mobil ini memperoleh nilai 36,6 poin atau 91 persen dengan pengujian frontal impact meraih 13,3 poin, lateral impact meraih 15,7 poin, rear impact 3,9 poin, dan rescue and extrication 3,7 poin.

Sementara itu, penilaian pada Child Occupant memperoleh 45,2 poin atau 92 persen. Hasil Crash Tes Performance untuk anak usia 6 dan 10 tahun juga impresif dengan 24 poin, safety features 9,3 poin, dan CRS Installation Check 12 poin.

Pada kategori Vulnerable Road Users, Q6 e-tron terbaru memperoleh 51,5 poin atau 81 persen dengan VRU Impact Protection 27,9 poin. Penilaian Automatic Emergency Braking (AEB) Pedestrian memperoleh predikat memadai dan hasil bagus pada AEB Cyclist, Cyclist Dooring Prevention, AEB Motorcyclist, dan Lane Support Motorcyclist.

Kategori Safety Assist memperoleh total penilaian 14,5 poin atau 80 persen dengan berhasil melewati sub-kategori Speed Assistance dengan penilaian memadai, Occupant Status Monitoring diberi marginal, dan hasil bagus untuk lane support dan AEB Car-to-Car.

Penilaian ini tidak hanya berlaku pada Q6 e-tron versi SUV, melainkan juga varian sportback dan SQ6 yang akan segera meluncur dalam beberapa waktu mendatang.

Didukung oleh platform Premium Platform Electric (PPE), Audi Q6 e-tron memiliki motor listrik berkekuatan 422 dk dan dapat meningkat ke 456 dk dengan fitur traction control yang memungkinkan mobil melaju dari 0-96 km/jam dalam 5 detik saja dan dapat menghasilkan top speed 210 km/jam.

Berbekal baterai lithium-ion dengan kapasitas mencapai 100 kWh, Q6 e-tron dapat melaju sejauh 625 km dalam keadaan baterai terisi penuh.