Bagikan:

JAKARTA - Salah satu lini kendaraan merek Jeep, Avenger baru saja memperoleh hasil mengecewakan soal peringkat keselamatan tiga bintang dari organisasi keselamatan Euro New Car Assessment Program (Euro NCAP).

Dilansir dari Autocar, Kamis, 12 September, crossover tersebut memperoleh skor yang tidak bagus dalam kategori perlindungan benturan samping bagi penumpang belakang berusia 10 tahun dan sistem autonomous emergency braking (AEB).

Namun, SUV bertubuh kompak ini mendapatkan penilaian yang baik dalam perlindungan untuk penumpang dewasa dan anak-anak secara keseluruhan dengan memberikan 79 persen dan 70 persen pada masing-masing kategori.

Menurut Secretary General Euro NCAP Michiel van Ratingen, mengatakan hasil ini menunjukkan kurangnya komitmen perusahaan induk dari Jeep, yaitu Stellantis dalam melindungi pengguna kendaraan.

“Persaingan di industri mobil semakin meningkat dan Stellantis harus mengambil beberapa langkah untuk mengamankan masa depan mereknya. Namun keselamatan tidak boleh menjadi alasan produsen mobil melakukan penghematan,” kata van Ratingen.

Kemudian, Stellantis merespons bahwa pihaknya tetap menawarkan dedikasi penuh terhadap keselamatan dan keamanan sehingga selalu menawarkan produk unggulan.

“Sebagai bagian dari upaya peningkatan produk kami yang berkelanjutan, kami mempertimbangkan penilaian pihak ketiga yang baru dan mengintegrasikan solusi teknologi yang telah terbukti ke dalam proses rekayasa kami jika relevan,” tulis Stellantis.

Meskipun demikian, perusahaan ini menilai bahwa penilaian dari pihak independen seperti Euro NCAP sangat penting dalam memberikan masukan agar model berikutnya memiliki nilai tambah dalam hal keselamatan.

“Stellantis yakin tidak ada cara tunggal untuk mengukur keselamatan kendaraan; penilaian pihak ketiga adalah salah satu dari banyak masukan yang digunakan saat merancang keselamatan kendaraan kami,” pungkas Stellantis.

Dalam pengujian terakhir, Euro NCAP memberi penilaian empat bintang pada sejumlah model seperti Renault Captur dan Renault Symbioz dan lima bintang pada kendaraan Audi Q6 e-tron, Ford Explorer, Subaru Crosstrek, Subaru Impreza, dan Xpeng G6.