Ini Alasan Jeep Avenger Terpilih sebagai Mobil Kecil Terbaik Tahun 2023
Jeep Avenger 2023. (Dok. Stellantis)

Bagikan:

JAKARTA - Pada bulan April lalu menandai peluncuran perdana Jeep Avenger 2023 untuk konsumen Eropa. Mobil yang sepenuhnya listrik berhasil mendapat sejumlah penghargaan, memenangkan “European Car of the Year” bahkan sebelum diluncurkan, juga "World’s Best Family SUV in 2023" "Women’s World Car of the Year Awards", serta "Best Small Car" pada Autocar Awards 2023.

Kekinian, setelah beberapa bulan berlalu, Mark Tisshaw, editor Autocar, memberikan bocoran lebih lanjut kenapa mobil ini yang memenangkan penghargaan Autocar Awards 2023.

Menurutnya, saat itu panel juri memuji Avenger atas karakter tangguhnya, desain kompak namun lapang, dan matang dalam perencanaan.

Jeep Avenger bukan hanya mobil listrik pertama Jeep, tetapi juga mobil pertama yang diciptakan di luar Amerika. Faktanya, Avenger dirancang di Italia dan diproduksi di Tychy, Polandia. Ini benar-benar merupakan mobil yang dibuat di Eropa, untuk pengemudi Eropa.

"Kami telah mendengar hal serupa dari Jeep sebelumnya tentang merancang model kecil terbarunya di Eropa. Namun, ada perbedaan besar antara menciptakan mobil sesuai dengan panduan yang lebih umum dan menciptakan mobil yang dirancang dan diproduksi di Eropa dan untuk pembeli Eropa, seperti yang telah dilakukan oleh Jeep dengan Avenger,” beber Mark, mengenai kunci kesuksesan Avenger, dikutip dari Autocar, 8 Agustus.

Namun, bukan hanya DNA Eropa yang telah membantu Avenger meraih kesuksesan namun orang-orang di belakang penciptaaan SUV listrik ini juga sama pentingnya.

3
Dengan harga mulai Rp600 jutaan di Eropa, Jeep Avenger mampu menempuh jarak 390 km saat baterai terisi penuh. 

“Totalitas orang-orang di belakangnya benar-benar bagus, bagaimana mereka bekerja keras untuk menciptakan mobil yang memberikan sesuatu yang benar-benar berbeda untuk kelas SUV kecil, yang menempati tempat yang benar-benar unik di pasaran," sambungnya.

Dengan panjang hanya 4,08 meter dan lebar 1,78 meter, Jeep Avenger adalah SUV listrik segmen B paling kompak di pasaran. Tetapi meskipun posturnya yang kecil, ketiadaan mesin pembakaran dan transmisi telah memungkinkan insinyur Jeep untuk memaksimalkan ruang interior yang ditawarkan oleh platform eCMP di bawahnya.

Terdapat banyak ruang untuk lima orang, sementara titik H yang dimodifikasi memberikan ruang kaki dan kepala yang lebih besar untuk penumpang belakang.

Ada juga 34 liter ruang penyimpanan di seluruh interior, termasuk laci besar di bagian depan yang ditutupi oleh penutup magnetik. Bagasi memiliki kapasitas 355 liter, sementara kursi belakang jika dilipat dapat membuka lebih banyak ruang bagi yang membutuhkannya.

"Meskipun Avenger mungkin kecil di luar, di dalam tidak terasa seperti itu. Ada begitu banyak ruang penyimpanan di bagian depan dan belakang kabin. Selain itu, tampilan dashboard Jeep Avenger juga ramping dan modern,” jelasnya.