Mengenal Kembali Smart Fortwo, Mobil Mini Kuat yang Jadi Sitaan KPK
Smart Fortwo generasi kedua. (Dok. Autoevolution)

Bagikan:

JAKARTA - Beberapa tahun lalu, mobil ukuran kecil ini pernah berlalu lalang di jalanan Indonesia terutama kota-kota besar. Namanya Smart Fortwo, diproduksi oleh Smart, yang merupakan bagian dari Mercedes-Benz Group.

Smart Fortwo punya spesifikasi yang lumayan bahkan kuat saat uji tabrak namun pada akhirnya penjualannya dihentikan karena kurang laku, begitu juga di pasar global.

Mobil mini dua pintu ini diluncurkan mulai tahun 1998 di Paris Motor Show. Mobil ini memang sangat mini karena hanya mampu menampung sekitar 2 orang dewasa saja di dalamnya.

Mobil ini kini kembali dibicarakan karena termasuk salah satu mobil yang dimiliki oleh mantan Kepala Bea Cukai Makassar, Andhi Pramono, yang disita oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Menurut penelusuran VOI, Jumat, 20 Oktober, Smart Fortwo yang disita adalah generasi kedua (kode W451). Mobil tiga pintu ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2006, dirakit oleh DaimlerChrysler.

Smart Fortwo memiliki dimensi yang sangat kompak, panjang 2.695 mm, lebar 1.559 mm, dan tinggi 1.542 mm, serta wheelbase sepanjang 1.867 mm.

4

Mobilnya juga dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan, termasuk airbag depan dengan perlindungan samping kepala atau dada, sel Tridion, penegang sabuk pengaman, Anti-Lock Braking System, Brake Force Distribution, dan Electronic Stability Control.

Keunggulan keamanan mobil ini terbukti dengan predikat 'Bagus' dari Insurance Institute for Highway Safety (IIHS) dalam uji tabrak depan dan samping. Mobil ini juga mendapatkan nilai 8 dari 11 dalam kategori potensi cedera, serta penilaian 'Dapat Diterima' untuk perlindungan dari benturan belakang.

Dalam penilaian National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) di AS, Smart Fortwo meraih bintang empat untuk pengemudi depan, bintang tiga untuk penumpang depan, bintang lima untuk pengemudi sisi samping, dan bintang tiga dalam uji tabrak saat mobil terguling.

Sementara, uji tabrak Euro NCAP memberikan hasil bintang empat untuk penghuni dewasa dan bintang dua untuk pejalan kaki.

Mobil ini ditenagai oleh mesin bensin 1,0 liter mhd, mampu menghasilkan tenaga hingga 52 kW dan torsi 92 Nm. Dengan performa tersebut, mobil ini mampu mencapai kecepatan hingga 145 km/jam dan mencapai 0-100 km/jam dalam waktu 10,7 detik.

Produksi Smart Fortwo W451 berakhir pada 2014, digantikan oleh generasi W453 yang diluncurkan pada 16 Juli, 2014. Meskipun demikian, mobil ini masih tersedia dalam kondisi bekas di Indonesia, dengan harga berkisar antara Rp175 juta hingga Rp330 juta.