Bagikan:

JAKARTA - Volkswagen Tiguan generasi terbaru telah resmi diproduksi pada pertengahan 2023 lalu. Mobil ini dihadirkan untuk meneruskan tren positif penjualan SUV merek dari Jerman ini.

Diluncurkan pertama kalinya pada 2007 lalu, VW Tiguan merupakan produk terlaris yang dipunyai oleh pabrikan asal Jerman dengan berhasil terjual lebih dari 7,6 juta unit.

Berbeda dari generasi terdahulu, SUV ini mengalami sejumlah perubahan mulai dari desain, teknologi, dan performa. Lebih lanjut, model generasi ketiga ini juga menunjukkan kebolehannya dalam sisi keselamatan dari Euro New Car Assessment Programme (Euro NCAP).

Melansir dari laman Euro NCAP, Kamis, 30 Mei, mobil ini berhasil memperoleh lima bintang dalam pengujian secara ketat yang dilakukan oleh lembaga tersebut. Badan ini telah menetapkan sejumlah kriteria pada pengujiannya, termasuk kemampuan mendeteksi anak-anak.

2

Dalam pengujian Child Occupant, Euro NCAP memberi skor 88 persen dengan kinerja uji tabrak pada anak berusia antara 6 dan 10 tahun memperoleh nilai 24 poin sekaligus yang tertinggi, mencakup penilaian tabrak frontal 16 poin dan tabrak samping 8 poin.

Selain itu, penilaian Adult Occupant memperoleh skor 83 persen dengan pengujian tabrak frontal memperoleh 10,7 dari 16 poin, tabrak samping 15,1 dari 16 poin, dan tabrak belakang 3,6 dari 4 poin.

Untuk penilaian Vulnerable Road Users, Tiguan terbaru berhasil mendapatkan skor 84 persen. Penilaian itu terdiri dari VRU Impact Protection 30,1 dari 36 poin, VRU Impact Mitigation 23,3 dari 27 poin, Automatic Emergency Braking (AEB) Cyclist dengan 7,8 dari 8 poin, serta Lane Support Motorcyclist 2,5 dari 3 poin.

Sementara itu, penilaian Safety Assist memperoleh 78 persen dengan Speed Assistance 1,7 dari 3 poin, Occupant Status Monitoring 1,3 dari 3 poun, serta Lane Support dengan 3 dari 3 poin.

VW Tiguan terbaru ini memiliki sejumlah teknologi keselamatan yang menjadi standar, seperti Hill Start Assist, Exit Warning System, Rear Traffic Alert, Front Cross Traffic Assist, Lane Change System, Autonomous Emergency Braking Front Assist with Pedestrian and Cyclist Monitoring, dan Park Distance Control.