Bagikan:

JAKARTA - Generasi terbaru dari Toyota Vios mencatat hasil yang baik dalam uji tabrak yang dilakukan oleh ASEAN New Car Assessment Program (ASEAN NCAP) baru-baru ini.

ASEAN NCAP merupakan sebuah lembaga yang menguji keamanan serta keselamatan dari kendaraan yang akan dijual di wilayah Asia Tenggara. Pengujian tersebut dilakukan agar pengguna kendaraan dapat merasa aman dalam hal keselamatan ketika terjadi insiden di jalan raya.

Disebutkan dalam rilis ASEAN NCAP, 8 September, All-New Toyota Vios tahun 2023 kembali menorehkan performa Bintang 5 dalam penilaian ASEAN NCAP berdasarkan protokol saat ini untuk tahun 2021-2025. Toyota Vios yang diuji merupakan varian G yang diproduksi dan dipasarkan di Malaysia. Meskipun demikian, peringkat tersebut juga berlaku bagi model Vios lainnya yang diproduksi di Thailand untuk pasar Kamboja, Laos, Brunei, dan Indonesia.

Dilansir dari Paultan, Senin, 11 September, adapun penilaian untuk keamanan penumpang dewasa, Toyota Vios memperoleh nilai 35,25 poin dari 40 poin. Untuk perlindungan penumpang anak-anak, Vios meraih nilai 16,64 dari 20 poin.

Hasil bagus lainnya diperoleh dalam penilaian bantuan keselamatan dengan 16,08 dari 20 poin berkat ketersediaan pengereman darurat otonom dan perangkat keselamatan lainnya.

Untuk kategori keselamatan dari pengendara sepeda motor, generasi keempat Vios tersebut meraih nilai 10,73 poin. Penyesuaian bobot poin membuat total skor Toyota Vios 2023 menjadi 78,70 poin sehingga layak mendapat peringkat bintang lima ASEAN NCAP.

Toyota Vios generasi terbaru tersebut juga dijual untuk pasar Indonesia dengan menghadirkan dua tipe, yakni G CVT Type dan G TSS CVT Type. Sedan dalam segmen B tersebut memiliki panjang 4.410 mm, lebar 1.740 mm, tinggi 1.480 mm, dan wheelbase 2.620 mm.

Dibekali mesin 2NR-VE 4-silinder segaris DOHC dengan Dual VVT-i, Toyota Vios terbaru memiliki daya hingga 104 dk dan torsi 138 Nm. Meskipun masih mengusung mesin pembakaran, namun mobil ini telah memenuhi standar Euro 4 dan dibekali dengan Electronic Fuel Injection (EFI) yang memiliki kemampuan menghemat bahan bakar yang baik.

Mesin tersebut bekerja sama dengan sistem Continous Variable Transmission dan sistem penggerak dua roda depan. Dengan teknologi Electronic Power Steering (EPS), membantu pengemudi dalam melakukan manuver berbelok.

Untuk harga, Toyota Vios varian G CVT dibanderol dengan harga Rp363,2 jutaan dan G TSS CVT dijual dengan harga Rp376,4 juta.