Daihatsu Xenia Raih Bintang Tiga dalam Uji Tabrak yang dilakukan Oleh ASEAN NCAP
Daihatsu Xenia. (Dok. Daihatsu Indonesia)

Bagikan:

JAKARTA - Daihatsu Xenia generasi terbaru telah melakukan uji coba keselamatan demi mengetahui seberapa aman mobil yang berada di kelas LMPV tersebut.

Uji coba tersebut meliputi tes tabrak pada model ini yang dilakukan oleh ASEAN New Car Assessment Program (ASEAN NCAP), yang merupakan sebuah lembaga yang menguji keamanan serta keselamatan dari kendaraan yang akan dijual di wilayah Asia Tenggara.

Dalam sebuah unggahan video akun youtube resmi ASEAN NCAP, terlihat bahwa Xenia yang bervarian 1.3 M MT diuji kekuatan dan keamanannya dengan melakukan tes tabrak pada bagian depan dan samping.

Hasil yang diperoleh cukup mengesankan. Daihatsu Xenia berhasil meraih penilaian bintang tiga dengan skor 64,50 poin. Angka tersebut juga berasal dari penilaian dari berbagai aspek.

Untuk aspek perlindungan orang dewasa, Daihatsu Xenia berhasil mendapatkan penilaian dengan angka 32,63 poin. Angka tersebut mengikuti penilaian lainnya seperti perlindungan anak-anak sebesar 14,37 poin.

Kemudian, aspek lainnya ialah Safety Assist (SA) yang diberikan nilai 10,00 poin, serta aspek keselamatan pengguna jalan lain seperti sepeda motor dengan 7,50 poin.

Tentunya demi mendapatkan penilaian yang demikian, Daihatsu telah menyematkan beberapa fitur keselamatan untuk para pengguna Xenia, seperti dua airbag serta varian teratasnya dengan enam airbag.

Kembaran dari Toyota Avanza tersebut juga memiliki fitur lainnya seperti Anti-lock Braking System (ABS), Seat Belt Reminder System (SBR) untuk pengemudi, dan teknologi Pedestrian Protection.

Perlengkapan keselamatan tambahan lain seperti Autonomous Emergency Braking (AEB) City, AEB Inter-Urban, Lane Keep Assist (LKA), Forward Collision Warning (FCW), Lane Departure Warning (LDW), Blind Spot Detection ( BSD) dan Electronic Stability Control (ESC).

Saat ini, Daihatsu Xenia dibanderol mulai Rp218,15 juta untuk varian 1.3 M MT hingga pilihan termahalnya 1.5 R CVT ASA dengan harga Rp275,85 juta. Semua harga termasuk On The Road DKI Jakarta.