Bagikan:

JAKARTA - Maxus, pabrikan kendaraan asal China, mulai memperkenalkan dirinya di pasar otomotif Indonesia sebulan yang lalu di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023.

Maxus mencoba memikat perhatian para pengunjung GIIAS 2023 dengan meluncurkan MPV bertenaga listrik pertama, yaitu Mifa 9, merupakan MPV premium bertenaga listrik pertama yang tersedia di Indonesia.

Maxus adalah merek otomotif asal China yang didirikan pada tahun 2011 dan kini dimiliki oleh SAIC Motor, perusahaan induk yang juga memiliki merek seperti Morris Garage (MG) dan Roewe di pasar global.

Di Indonesia, merek ini diwakili oleh APM PT Indomobil Wahana Trada. Saat ini, Mifa 9 masih menjadi satu-satunya model Maxus yang tersedia di Indonesia.

Meskipun hanya merilis satu model, menurut Andry Ciu, selaku Business Development Indomobil Group, Mifa 9 mendapat sambutan yang hangat karena dianggap sebagai pilihan yang cocok untuk mobilitas perkotaan yang ramah lingkungan.

"Respon dari masyarakat sangat positif, terutama karena Mifa 9 adalah kendaraan listrik yang akan dibutuhkan di Jakarta," ujar Andry ketika dihubungi oleh VOI, Senin, 11 September.

Walaupun disebutkan bahwa Mifa 9 telah mendapatkan sambutan positif, namun jumlah unit yang telah dipesan belum diumumkan. Andry menyatakan bahwa saat ini mereka masih mengumpulkan data mengenai pesanan unit Mifa 9 dari berbagai jaringan diler Maxus di Jabodetabek.

"Data pasti perolehan pesanan dari diler sedang dalam proses pengumpulan," tambah Andry.

Andry juga memastikan bahwa Mifa 9 bukanlah satu-satunya model yang akan dihadirkan oleh Maxus di pasar Indonesia. Walaupun demikian, ia tidak menyebutkan jumlah dan model berikutnya yang akan diluncurkan.

"Ya, kami sedang mempertimbangkannya (meluncurkan model selanjutnya)," pungkas Andry.

Selain Mifa 9, Maxus memiliki sejumlah lini model yang telah sukses dipasarkan secara global termasuk D60 dan D90 sebagai SUV, Mifa 5 dan Eunig 5 sebagai MPV, T90, T70, dan T60 sebagai truk pikap, dan V70, V90, dan EV30 sebagai mobil van.

Dalam persaingan dengan Toyota Alphard dan Lexus LM, Maxus Mifa 9 ditawarkan dengan harga Rp1,425 miliar On The Road DKI Jakarta untuk varian Premium.