Bagikan:

JAKARTA - Bisnis frozen food atau makanan beku saat ini tengah naik daun. Dari sayur, buah-buahan, daging, hingga cemilan frozen, semuanya tersedia bebas di pasaran baik online maupun offline.

Banyak orang yang beralih membeli jenis frozen food dibandingkan makanan segar karena alasan ketahanannya. Frozen food dipercaya lebih tahan lama daripada jenis makanan segar.

Namun, tahukah Anda kalau tak semua makanan bisa dibekukan? Melansir Eat This, Not That, Kamis, 16 Februari, berikut jenis-jenis makanan yang tak boleh dibekukan karena bisa sebabkan hilangnya nutrisi menurut Chef Shawn Matijevich.

Protein tanpa lemak

Makanan yang berjenis protein tanpa lemak sebaiknya tidak dibekukan. Sebab, ketika dibekukan bisa memecah dinding sel protein dan mengakibatkan keluarnya air yang terkandung dalam protein tersebut. Sehingga tekstur makanan jadi lebih kering. Jenis protein tanpa lemak yang perlu dihindari frozennya adalah ayam filet, ikan putih, kacang dan lentil, tahu dan makanan dari kedelai, kacang dan biji-bijian, serta telur.

Rempah

Rempah-rempah seperti daun parsley, basil, mint, rosemary, oregano, dill, dan thyme mempunyai khasiat menambah harum dan cita rasa masakan. Jika dibeli dalam bentuk frozen, rempah ini justru mengering dan aromanya jadi kurang kuat. Jika Anda ingin stok, lebih baik tanam sendiri rempah di halaman rumah.

Stroberi

Karena sifatnya mudah menyerap air, stroberi bisa jadi hancur saat dibekukan. Shawn Matijevich bahkan tidak merekomendasikan penggunaan stroberi beku dalam pembuatan smoothie.

“Penggunaan stroberi beku bisa sebabkan terlalu banyak cairan dan bisa mengubah stroberi jadi bubur. Hal yang sama juga berlaku untuk resep strawberry shortcake. Pilih stroberi segar daripada frozen stroberi," terang Matijevich.

Kerang

Produsen kerang frozen biasanya menyuntikkan air ke dalam kerang untuk menambah beratnya. Namun, disuntik atau tidak, membekukan kerang bisa mengubah teksturnya menjadi keras saat dimasak. Selain itu, ukurannya juga cenderung mengecil jadi setengah ukuran normal.

Brokoli

Frozen brokoli akan sangat lembek teksturnya saat dimasak. Selain itu, brokoli yang dijual frozen lebih banyak batangnya daripada bunga brokolinya. Sebab, frozen bunga brokoli lebih cepat rusak dan lembek ketika diolah. Sedangkan bagian batang masih cukup bagus dikonsumsi.