Bagikan:

YOGYAKARTA - Bisnis masakan adalah salah satu bisnis yang dapat dibilang tak lekang oleh waktu. Seperti yang kita lihat sekarang ini, temuan makanan atau bisnis masakan kian banyak dan unik. Salah satu pilihan bisnis di bidang makanan yaitu frozen food atau makanan beku. Penyimpanan yang gampang, ketahanan makanan yang cukup lama, serta gampang diolah membikin peminat usaha frozen food acap kali dicari oleh konsumen.

Kesempatan bisnis yang cukup besar membikin bisnis frozen food ini juga diminati oleh banyak orang. Terutama lagi, Anda juga bisa mengawalinya dari rumah. Tak cuma nugget, kentang, atau ikan, kini ada banyak ragam makanan yang bisa diolah menjadi makanan beku atau frozen food.

Sebelum melangkah ke sistem mengawali bisnisnya, yuk kenali dahulu apa itu frozen food! Frozen food merupakan makanan yang telah diolah, lalu disimpan dalam kondisi beku untuk memperpanjang masa simpan produk dengan menghalangi pertumbuhan mikroba, reaksi enzimatis, dan kimiawi sehingga produk selalu aman dan terjaga kualitasnya.

Langkah yang Harus Diambil Untuk Usaha Frozen Food

Sayuran Frozen (Freepik)

Tentukan Produk

Hal pertama yang wajib dijalankan untuk mengawali bisnis frozen food yaitu menetapkan produk yang akan dipasarkan. Ada banyak sekali ragam makanan beku yang bisa Anda pilih, antara lain:

  • Bakso ayam, sapi, dan ikan
  • Sosis, Nugget, Tempura 

Sebaiknya, Anda menjalankan survei sebelum memilih produk. Tujuannya yaitu untuk menentukan ragam produk yang laris manis di pasaran.

Jangan sampai Anda salah pilih produk yang dapat membikin bisnis tak berjalan dengan lancar.

Makanan beku dapat dihidangkan dalam kondisi beku atau telah dimasak terlebih dahulu.

Metode menghidangkan makanan beku yang telah dimasak dapat degan sistem dibakar atau digoreng. Sebagai pelengkap, Anda juga bisa menyediakan beraneka ragam saus.

Pilih saja variasi produk beserta sistem penyajiannya seperti dengan hasil survei.

Sekiranya di lingkungan Anda banyak Anak, memasarkan jajanan berupa frozen food matang bisa menjadi kesempatan yang baik.

Modal

Sesudah mempertimbangkan ragam produk yang layak untuk dipasarkan, sekarang Anda perlu untuk memperhitungkan modal. Perhitungkan seluruh kebutuhan secara terperinci untuk menetapkan jumlah modal yang diperlukan.

Anda dapat pakai aplikasi BukuWarung untuk menolong anda dalam mengelola keuangan usaha Anda.

Sebagian hal yang perlu disiapkan adalah:

  • Grosir makanan beku atau bahan-bahan untuk membuat makanan beku home made.
  • Lemari pembeku atau freezer
  • Alat vakum kemasan
  • Biaya promosi
  • Biaya operasional (tagihan listrik, ongkos transportasi, dan sebagainya)
  • Kemasan kedap udara
  • Alat press kemasan

Kelengkapan dan juga bahan yang dibeli di permulaan tidak perlu segera banyak. Sesuaikan saja dengan jumlah modal yang Anda miliki.

Bagaimana apabila tidak mempunyai cukup modal? Pasalnya Anda bisa mengajukan kredit usaha ke bank yang Anda percaya.

Sekiranya Anda tak mau mempunyai utang ke bank, sebaiknya kumpulkan modal terlebih dulu dengan sistem menabung.

Peralatan

Pada nilai sebelumnya telah diceritakan beraneka ragam kelengkapan yang dibutuhkan.

Sekiranya Anda cuma memasarkan makanan beku yang telah dikemas di pabrik, satu-satunya kelengkapan yang perlu dipersiapkan yaitu freezer.

Kalau Anda berniat untuk mengolah sendiri bahan mentah menjadi beraneka variasi frozen food, kelengkapan yang diperlukan malah lebih banyak.

Setidaknya Anda membutuhkan penggiling daging atau food processor, kemasan kedap udara, alat vakum, dan juga alat press.

Cara Pemasaran

Kiat selanjutnya terkait dengan sistem pemasaran atau promosi produk. Anda bisa menerapkan metode promosi lama, yakni dari mulut ke mulut atau menitipkannya di warung kelontong.

Sayangnya, metode seperti ini kurang tepat sasaran untuk meningkatkan penjualan. 

Ada satu lagi metode yang bisa Anda lakukan untuk promosi usaha, yakni lewat media online. Iklankan bisnis dan produk Anda lewat media sosial.

Sekiranya modal Anda cukup besar, cobalah berprofesi sama dengan influencer untuk meningkatkan penjualan.

Aplikasikan Medsos

Frozen food memang sebuah bisnis rumahan. Tetapi hal ini bukan berarti pemasarannya cuma di sekitar rumah saja.

Dikala ini teknologi komunikasi telah kian canggih, mengandalkan pemasaran dari mulut ke mulut tentunya kurang tepat sasaran dan efisien.

Pasarkan produk dengan memasang iklan di beragam platform media sosial yang Anda miliki. Misalnya seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan juga Whatsapp.

Bagaimana seandainya jarak antara konsumen dengan lokasi Anda jauh?

Jangan kuatir, Sekarang ini ada jasa ojek online yang siap mengantarkan orderan ke mana saja. Agar lebih tepat sasaran, Anda juga dapat meregistrasikan usaha ke GrabFood, GoFood, Shopeefood dan lain-lainnya.

Jadi, Anda cuma tinggal menunggu orderan saja.

Berikan potongan harga atau bonus tertentu terhadap konsumen di hari-hari besar seperti Hari Kemerdekaan atau hari ibu. Tujuannya sudah pasti, untuk menarik calon pembeli.

Jadi setelah mengetahui usaha frozen food, Simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!