Bagikan:

YOGYAKARTA – Rasa rindu terhadap orang tersayang yang berada jauh dengan kita bisa disalurkan melalui makanan. Anda bisa memasak menu favoritnya, lalu mengirimkannya agar menjadi pelepas rindu. Hanya saja, mengirimkan makanan basah dengan jarak yang cukup jauh menjadi tantangan tersendiri.

Sering kali, makanan menjadi basi akibat pengemasan yang tidak benar. Supaya hal tersebut tidak terjadi, Anda perlu mengetahui cara mengirim makanan ke luar kota yang benar dan aman.

Cara Mengirim Makanan ke Luar Kota yang Benar dan Aman

Disadur dari laman Paxel, berikut cara mengirim makanan ke luar kota yang benar dan aman:

  1. Perhatikan jenis makanan dan waktu pengiriman

Hal yang harus diperhatika saat megirim makanan ke orang tersayang adalah jenis makanan dan masa kadaluarsa.

Apabila makanan yang dikirim adalah makanan yang melewati proses pemasakan, pastikan pengiriman dilakukan pada hari yang sama dengan waktu pemasakan. Akan tetapi, Anda tidak diperbolehkan meletakkan makanan yang masih panas ke wadah penutup. Pasalnya, hal tersebut akan membuat makanan menjadi cepat basi.

Biarkan makanan menjadi dingin terlebih dahulu, lalu tambahkan cacatan berisi informasi tanggal pembuatan makanan di luar wadah. Dengan begitu, penerima makanan bisa tahu berapa lama makanan tersebut bisa bertahan.

  1. Kemas menjadi frozen food

Cara mengirim makanan ke luar kota yang berikutnya  adalah mengemas makanan yang sudah dimasak menjadi frozen food.

Setelah Anda selesai memasak, dinginkan makanan tersebut dengan suhu ruangan. Setelah itu, kemas makanan tersebut dengan kemasan yang tertutup rapat.

Untuk menjadikannya forzen food, Anda bisa menggunakan plastik nilon karena cukup kuat dan bisa digunakan dalam metode pemvakuman.

Plastik nilon juga bisa menjaga makanan yang Anda kirim tepat aman selama proses pengiriman. Setelah itu, bekukan makanan yang telah dibungkus tersebut. Makanan dikeluarkan dari mesin pendingin saat akan dikirimkan.

  1. Lakukan pengemasan yang aman

Ketika ingin mengirim makanan ke luar kota, Anda harus mengemasnya dengan aman. Makanan merupakan produk yang cukup riskan mengalami kerusakan. Oleh sebab itu, persiapkan pengemasan yang benar dan tepat sebelum dikirimkan ke luar kota.

Terkait hal ini, Anda bisa menyesuaikan metode pengemasan sesuai dengan jenis makanan yang akan dikirim. Salah satu komponen penting dalam pengiriman makanan adalah bubble wrap dan kotak (biasanya kardus) yang kuat.

Apabila makanan yang akan dikirim berupa frozen food, hal tersebut perlu ditambah dengan thermafreeze atau ice gel yang bisa menjaga suhu makanan tetap dingin selama pengiriman. Selain itu, berikan laporang kepada jasa pengiriman bahwa produk yang dikirim tersebut adalah frozen food agar pihak jasa pengiriman bisa melakukan tindakan yang tepat.

Demikian informaasi tentang cara mengirim makanan ke luar kota yang benar. Untuk mendapatkan berita menarik lainnya, baca terus VOI.ID.