Bagikan:

YOGYAKARTA – Tips menyimpan kimchi agar tahan lama perlu diperhatikan, sebab cukup susah menentukan apakah kimchi ini masih bisa dimakan atau sudah basi karena rasa dan mau khas makanan fermentasi.

Sebagaimana diketahui, kimchi merupakan hidangan tradisional khas Korea Selatan yang terbuat dari sawi yang difermentasi.

Kimchi memiliki rasa yang khas, yakni cenderung pedas dan asam. Semakin lama disimpan rasanya akan semakin asam.

Menyadur Healthline, kimchi dapat bertahan sampai 1 minggu di suhu ruang. Jika disimpan dalam kulkas, makanan ini dapat bertahan selama 3-6 bulan. Akan tetapi, ada syaratnya, yakni cara penyimpanannya harus benar.

Tips Menyimpan Kimchi Agar Tahan Lama

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa tips menyimpan kimchi agar dapat bertahan dalam waktu yang lama.

  1. Simpan kimchi dalam wadah yang tertutup rapat

Agar tahan lama, simpanlah kimchi dalam wadah yang tertutup rapat. Perlu diketahui, proses fermentasi kimchi akan terus berlanjut, bahkan setelah disimpan. Sehingga udaya yang masuk ke dalam wadah bisa memengaruhi proses tersebut dan membuat kimchi jadi cepat membusuk.

Gunakan wadah kaca atau stoples berkualitas yang dapat ditutup rapat untuk menjaga kimchi tetap segar dan menghindari kontaminasi dari udara luar.

  1. Hindari paparan sinar matahari langsung

Pada saat proses fermentasi, wadah kaca berisi kimchi harus disimpan di suhu ruang, dan tidak boleh terkena cahaya matahari langsung. Sebab, paparan panas yang berlebihan dapat mempercepat pembusukan.

Selain itu, jangan lupa untuk untuk membuka tutup stoples kimchi setiap hari, sekali 24 jam. Hal ini untuk mengeluarkan karbon dioksida yang berasal dari proses fermentasi.

  1. Simpan di kulkas pada suhu ideal

Setelah dimasukkan ke dalam wadah kedap udara, simpan kimchi di dalam kulkas dengan suhu yang tepat. Suhu ideal untuk menyimpan kimchi adalah dibawah 4 derajat Celsius.

Pada suhu ini, proses fermentasi akan melambat sehingga kimchi dapat bertahan lebih lama tanpa kehilangan rasa dan teksturnya.

Pastikan untuk tidak menyimpan kimchi di suhu kamar terlalu lama, karena fermentasi akan berlangsung lebih cepat dan bisa menyebabkan kimchi menjadi terlalu asam.

  1. Gunakan peralatan yang bersih saat mengambil kimchi

Tips yang satu ini bertujuan untuk menghindari kontaminasi. Oleh sebab itu, Pastikan Anda selalu menggunakan sendok atau alat makan bersih saat mengambil kimchi dari wadah.

Hindari menggunakan tangan langsung atau sendok kotor, karena bakteri dari alat yang kotor bisa membuat kimchi cepat basi. Dengan menjaga kebersihan alat makan, Anda bisa memperpanjang umur simpan kimchi.

Ciri-Ciri Kimchi Basi

Kimchi yang disimpan dengan benar bisa bertahan hingga 3-6 bulan selama tidak berbau tengik dan muncul jamur.

Biasanya, jamur akan muncul pada makanan dengan suhu hangat, namun tidak menutup kemungkinan muncul pada makanan yang disimpan terlalu lama di dalam kulkas.

Tanda kimchi sudah berjamur yakni mucul titik hitam, biru, atau hijau. Jika sudah ditumbuhi jamur, kimchi sudah tidak layak untuk dimakan. Selain itu, baunya juhga sangat asam menyengat, bahkan cenderung seperti bau alkohol.

Menyantap kimchi yang sudah basi bisa memyebabkan penyakit di saluran pencernaan seperti mual, muntah, dan diare.

Demikian informasi tentang tips menyimpan kimchi agar tahan lama. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan pembaca setia VOI.ID.