Bagikan:

YOGYAKARTA - Bagi Anda yang gemar membuat es krim sendiri di rumah, tentunya sudah tahu jika pembuatannya cukup sederhana, tanpa mixer dan hanya memerlukan 3 bahan utama. Antara lain heavy ice cream, krim kental manis, dan sirup cokelat atau cokelat bubuk. Namun, setelah es krim sudah jadi dalam jumlah yang banyak, tentunya Anda juga harus memahami tips simpan es krim di rumah. Untuk penjelasan selengkapnya, simak ulasan di bawah ini.

Tips Simpan Es Krim di Rumah

Setelah Anda berhasil membuat es krim rumahan. Sebaiknya simpan dengan tepat agar tetap awet dan tidak mengkristal. Jika belum dibuka, es krim yang disimpan dengan tepat dalam freezer bisa saja bertahan 2-3 bulan. Namun, seperti dilansir dari eatbydate.com, jika sudah dibuka maka es krim bisa awet 1-2 bulan dalam freezer,

Nah, dikutip dari laman The Kitchn, di bawah ini adalah beberapa tips menyimpan es krim homemade dalam freezer.

Ilustrasi es krim (iStockphoto)

Periksa temperatur freezer

Sebelum menyimpan es krim yang sudah Anda buat, sebaiknya cek terlebih dahulu suhu freezer. Pastikan freezer Anda memiliki suhu -18 derajat celsius atau bahkan di bawahnya.

Gunakan wadah kedap udara

Langkah selanjutnya, masukkan dulu es krim ke dalam wadah kedap udara, Anda dapat gunakan wadah yang berbahan dasar plastik. Disarankan untuk menggunakan wadah yang aman untuk freezer dan kokoh, agar memudahkan Anda saat menata isi freezer.

Gunakan wadah yang tepat dan efektif

Sebaiknya gunakan wadah dengan alas datar dan tak terlalu dalam, pakai yang pendek. Wadah ini bermanfaat untuk mempertahankan konsistensi es krim. Selain itu juga bertujuan agar lebih mudah di-scoop.

Tutupi es krim dengan plastic wrap

Anda dapat melapisi bagian atas es krim dengan plastic wrap. Buatlah seluruh lapisannya tertutup. Anda boleh gunakan lebih dari satu lapis plastic wrap. Langkah ini dilakukan untuk menghindari terbentuknya kristal es.

Simpan pada bagian belakang freezer

Jika es krim terpapar suhu hangat dan dingin secara bertahap, teksturnya kemungkinan besar berubah jadi agak kasar. Sehingga, Anda disarankan untuk menyimpan es krim pada bagian belakang freezer yang memiliki suhu konsisten dingin.

Jangan taruh es krim di pintu freezer

Sebenarnya memang terlihat mudah meletakkan es krim di bagian pintu. Namun, pintu freezer merupakan spot dengan suhu dingin yang tidak konsisten. Sebab, bagian tersebut paling sering terpapar suhu luar freezer.

Meskipun disimpan dalam freezer, kualitas es krim berisiko tetap menurun. Tanda es krim rusak dapat ditandai dengan munculnya kristal pada lapisan atas dan tutup es krim. Lapisan kristal tersebut sebenarnya bisa saja dibersihkan, tetapi lama kelamaan teksturnya akan berubah jadi lengket. Jika Anda mendapati tanda tersebut, sebaiknya jangan makan es krim tersebut.

Gunakan styrofoam

Cara menyimpan es krim tanpa freezer dapat menggunakan styrofoam yang bagian dalamnya khusus dilapisi alumunium foil. Selanjutnya, untuk menjaga suhu dingin es krim, Anda dapat memasukkan es batu. Cara ini diprediksi dapat bertahan hingga 2-3 jam sebelum es krim mencair. Trik lainnya dapat menggunakan dry ice yang bisa mempertahankan kebekuan es krim selama 1 jam.

Hal yang harus kita ketahui lainnya, es krim homemade mempunyai daya tahan yang lebih singkat dibanding es krim yang diproduksi secara massal. Namun, bukan berarti Anda tak bisa membuatnya bertahan lama.

Demikianlah ulasan tentang tips simpan es krim di rumah. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.