Agar Tidak Keliru Saat Memesan, Kenali 4 Jenis Sushi yang Populer di Indonesia
Ilustrasi (Rajesh TP/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Jepang memang dikenal akan ragam kulinernya. Salah satu yang paling populer di seluruh penjuru dunia adalah sushi. Sushi terbuat dari nasi yang dibentuk bersama lauk berupa makanan laut, daging, atau sayuran.

Di Jepang sendiri, ada lebih dari 50 sebutan untuk jenis sushi. Supaya tidak salah memesan saat menikmati kuliner di restoran Jepang khususnya sushi, mari simak ulasan berikut ini mengenai jenis-jenis sushi yang populer di Indonesia.

Oshizushi

Oshizushi kerap diartikan sebagai "sushi yang ditekan". Disebut demikian sebab cara membentuknya yakni menekan nasi dalam cetakan kayu atau oshibako. Sushi ini mulanya berbentuk kotak yang agak besar lalu dipotong-potong seukuran satu gigitan agar mudah dimakan.

Inarizushi

Inarizushi sedikit berbeda dengan sushi kebanyakan. Inarizushi merupakan jenis sushi yang lapisan luarnya terbuat dari tofu yang digoreng. Sedangkan, di dalamnya berisi nasi halus.

Gunkan

Dalam bahasa Jepang, gunkan berarti kapal perang. Gunkan sushi bentuknya mirip kapal. Gunkan merupakan sushi yang dibungkus kertas nori atau irisan tipis mentimun. Biasanya terdiri dari beraneka ragam makanan di dalamnya.

Temakizushi

Temakizushi berarti sushi yang dibungkus dalam nori. Namun bentuknya sedikit berbeda. Jika biasanya sushi identik dengan bentuk bulat, namun Temakizushi ini malah berbentuk kerucut yang menyerupai cone es krim. Isiannya serupa dengan Makizushi yakni terdiri dari nasi yang telah dibentuk, lauk, dan sayuran.