8 Etika Makan Sushi yang Harus Diketahui agar Tak Terlihat Norak
Ilustrasi sushi (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Banyak orang tahu jenis sushi yang populer di Indonesia, namun tidak semua tahu etika makan sushi. Pasalnya masyarakat Jepang memang memperlakukan makanan dengan sangat baik, sehingga diharapkan siapapun yang menikmati sushi harus tahu etika apa yang harus dijunjung tinggi.

Etika Makan Sushi

Etika sendiri ikut menentukan kepribadian seseorang. Saat seseorang mengonsumsi sushi tanpa menjunjung tinggi etika, orang tersebut dianggap tak menghargai makanan. Berikut ini beberapa etika yang harus diketahui ketika makan sushi terutama di restoran Jepang.

  1. Cuci Tangan Dulu Dong

Orang Jepang sangat memperhatikan kebersihan. Tak peduli makan menggunakan tangan atau sendok-garpu, mereka akan tetap cuci tangan. Aktivitas ini dianggap sebagai etika baik sebelum mengonsumsi makanan.

  1. Makan Sushi Boleh Pakai Tangan Langsung

Makan sushi tidak harus menggunakan sumpit. Anda bisa menggunakan tangan tanpa bantuan alat makan apapun. Bagi sebagian orang cara ini terlihat aneh, namun bagi masyarakat Jepang cara ini boleh dilakukan. Cara makan sushi pakai tangan adalah cukup menggunakan ibu jari, dan jari tengah. Hindari menggenggam sushi dengan kelima jari jika tak ingin dianggap norak.

  1. Jangan Dicampur-campur

Sangat boleh menambahkan kecap asin dan wasabi saat makan sushi agar rasanya semakin lezat. Namun hindari menambahkan acar jahe ke sushi karena acar tersebut berfungsi untuk membersihkan lidah dari sushi lain.

  1. Perhatikan Cara Celup Sushi

Biasanya kecap asin ditempatkan pada mangkuk kecil khusus. Mencelupkan sushi ke kecap asin juga ada caranya, yakni dengan mencelupkan bagian ikan ke kecap. Hindari mencelupkan bagian nasi ke kecap karena akan membuatnya berantakan.

  1. Tempelkan Bagian Ikan ke Lidah

Saat melahap sushi, usahakan untuk menempelkan bagian ikan ke lidah lebih dulu dan dilakukan sekali suapan. Cara ini dilakukan agar lidah merasakan kelezatan sushi secara maksimal. Hindari menggigit sushi karena akan membuat makanan tersebut berantakan.

  1. Wasabi Jangan Dicampur dengan Kecap Asin

Sebagian orang mungkin akan mencampurkan washabi ke kecap asin. Sebenarnya cara ini kurang tepat. Anda bisa mengonsumsi washabi dengan sushi yang sudah dicelup ke kecap asin, lalu menyusulkan wasabi setelahnya.

  1. Menawarkan Sushi ke Orang Lain? Pakai Piring

Jika Anda ingin menawarkan sushi kepada orang lain, lakukan dengan mengangkat piring. Jangan menjepitnya dengan sumpit Anda karena terkesan kurang sopan. Biarkan kerabat Anda mengambil sendiri sushi dari piringnya.

  1. Jangan Beri Tips ke Chef Sushi

Pemberian tips untuk chef yang membuat sushi kadang dianggap sebagai bentuk penghargaan dari konsumen. Sayangnya cara ini ternyata kurang tepat. Cara memberi apresiasi kepada chef pembuat sushi adalah dengan membungkukkan badan lalu mengucapkan terima kasih telah membuat sushi seenak itu.

Itulah informasi terkait etika makan sushi. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.