Bagikan:

YOGYAKARTA – Noda cat yang jatuh di permukaan kaca biasanya terjadi saat proses pengecatan kusen. Jika tak segera dihilangkan, noda cat tersebut akan kering dan sulit dihilangkan. Di sisi lain noda cat tersebut membuat kaca terlihat kotor dan mengganggu pandangan. Tak perlu khawatir karena ada tips dan cara menghilangkan noda cat di jendela pada dasarnya cukup mudah.

Cara Menghilangkan Noda Cat di Jendela

Saat Anda menjumpai ada noda cat di kaca jendela hindari mengikisnya dengan kuku atau benda kasar seperti aplas karena akan membuat permukaan kaca bisa tergores. Agar tetap halus dan  bersih, berikut cara hilangkan cat di kaca jendela.

  1. Pakai Cuka Putih

Salah satu manfaat cuka putih adalah mampu membersihkan noda cat di kaca. Cara ini bisa dipraktikkan secara mandiri. Berikut ini cara bersihkan cat di kaca jendela dengan cairan cuka.

  • Didihkan secangkir cuka
  • Setelah mendidih, celupkan kain handuk atau yang bertekstur sedikit kasar lainnya
  • Gunakan sarung tangan karet agar cuka panas tak melukai kulit tangan
  • Setelah itu gosokkan kain yang telah basah oleh cuka panas ke permukaan kaca bernoda cat

Saat menggosokkan cuka ke permukaan kaca disarankan tetap hati-hati karena kaca berpotensi rusak karena zat asam yang terkandung pada cuka. Selain itu hindari mengguyurkan air cuka mendidih secara langsung karena akan memicu perubahan suhu pada kaca kemudian pecah secara tiba-tiba.

  1. Pakai Aseton

Bagi sebagian wanita cairan aseton mungkin tidak asing lagi. Cairan tersebut biasanya dipakai untuk membersihkan kutek di kuku. Cairan ini juga bisa dipakai untuk membersihkan noda cat di kaca jendela. Berikut ini cara bersihkan noda cat di jendela dengan aseton.

  • Gunakan alat pelindung seperti masker dan sarung tangan karet
  • Setelah itu basahi handuk dengan cairan aseton
  • Gosok permukaan kaca yang terkena noda cat secara perlahan
  • Setelah dirasa bersih segera lap bekas aseton untuk menghilangkan aromanya.

Saat penggosokan cat jendela dengan aseton disarankan untuk membuka jendela dan pintu agar sirkulasi udara lancar sehingga tak ada aroma aseton terjebak di udara.

Selain aseton, Anda bisa menggunakan cairan kimia lain untuk membersihkan noda di kaca jendela. Namun sebelum melakukannya, simak cara membersihkan kaca yang buram dengan bahan kimia untuk meminimalisir efek negatif bahan tersebut untuk manusia.

  1. Pakai Pisau Cukur Tipis

Salah satu cara membersihkan noda kuku paling mudah adalah dengan benda tajam seperti pisau cukur yang tipis. Pisau ini dipakai untuk pengerokan cat yang sudah kering. Namun jangan mengerok terlalu keras karena berpotensi merusak permukaan cat. Cara membersihkan cat kering di kaca jendela dengan pisau cukur adalah sebagai berikut.

  • Usapkan cairan seperti tiner atau bensin ke permukaan kaca agar lebih licin sehingga tidak menggores permukaan kaca
  • Setelah itu kikis perlahan bekas cat menggunakan pisau cukur
  • Hindari menggunakan pisau cukur yang tak tumpul karena berpotensi mengganggu pembersihan noda.

Harus diketahui sebelum memilih bahan pembersih, usahakan tahu penyebab noda di kaca. Karena masing-masing noda akan berbeda cara penanganannya. Simak cara menghilangkan jamur di kaca mobil untuk membersihkannya secara maksimal.

Itulah beberapa cara menghilangkan noda cat di jendela. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.