Tas Kulit Kesayangan Mulai Berjamur, Begini Cara Mudah Membersihkannya
Ilustrasi Tas Kulit (Dim Hou/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Bagi Anda yang hobi mengoleksi tas kulit dari berbagai perancang ternama, melakukan perawatannya tentu bukan hal yang mudah. Pasalnya, jika salah bertindak maka jamur bisa tumbuh di tas kesayangan Anda.

Kemunculan jamur yang membuat tas cepat rusak dan tak menarik lagi terkadang dilatar belakangi dengan faktor tempat penyimpanan. Perlu diketahui, meletakkan tas kulit dengan cara digantung atau ditumpuk bisa mengakibatkan penyebaran jamur dengan cepat. Untuk itu, Anda disarankan menyimpan tas kulit dalam sebuah lemari atau rak tertutup dengan rutin mengganti silica gel sebulan sekali.

Jangan remehkan kehadiran silica gel, simpan baik-baik benda kecil tersebut di dalam tas kulitmu guna mencegah pertumbuhan jamur serta menjaga kelembaban tas. Agar tas kulit kembali seperti semula, simak ulasan cara membersihkan tas berjamur yang VOI rangkum dari laman HerWorld, Kamis, 9 Desember, yang bisa Anda terapkan jika ada salah satu tas yang jamuran.

Menghilangkan jamur pada tas dengan air perasan lemon

Perasan air lemon memiliki segudang manfaat. Tidak hanya untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit wajah, air lemon juga berfungsi dengan baik dalam membersihkan jamur dari permukaan tas kulit kesayanganmu. Pada dasarnya, tas kulit yang dibuat dari bahan dasar kulit hewan memiliki sifat yang sensitif dan mudah mengelupas bila metode perawatannya salah.

Agar lebih aman, cobalah sikat bagian tas yang berjamur menggunakan perasan air lemon. Gunakan sikat berbulu lembut atau kain microfiber, sikat secara perlahan berulang kali apabila jamur di tas masih terlihat meninggalkan bekas. Setelah itu, lap dengan kain bertekstur lembut dan biarkan selama beberapa saat supaya tidak lembap. Jika tas kulit sudah dirasa bebas dari jamur, simpanlah ditempat tertutup dengan silica gel yang ditaruh di dalam tas.

Menghilangkan jamur pada tas dengan soda kue

Salah satu bahan dapur murah meriah yang dapat membasmi jamur dari permukaan tas kulit adalah soda kue. Tidak boleh sembarangan, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah jemur tas yang jamuran di luar ruangan selama 24 jam terlebih dahulu.

Tak berhenti sampai di situ, taburkan soda kue di atas permukaan tas kulit yang berjamur lalu diamkan lagi semalaman. Setelah dua hari melewati proses penjemuran, barulah tas yang sudah didiamkan selama satu malam bisa dibersihkan dengan digosok secara perlahan menggunakan kain microfiber. Bila sisa-sisa soda kue, kemudian anginkan sampai kering lalu simpan didalam lemari.

Gunakan cuka putih untuk mencegah jamur pada tas kembali lagi

Tidak jarang jamur yang dianggap sudah terbasmi sempurna dapat kembali lagi menghinggapi permukaan tas kulit. Nah, supaya tas kulit terbebas dari jamur membandel, alangkah baiknya untuk coba membersihkan menggunakan cuka putih. Disamping efektif menghilangkan karat, cuka putih juga sering dimanfaatkan untuk membasmi jamur pada tas kulit.

Dengan perbandingan campuran antara cuka dan air hangat sebanyak 10 : 1, celupkan lap bersih pada larutan yang sudah ditakar sempurna hingga basah. Kemudian gunakan sarung tangan lateks dan usap perlahan lap yang sudah terserap larutan cuka putih pada bagian tas yang terkena jamur sampai benar-benar menghilang. Jemur sampai kering, setelah itu letakan tas kulit di tempat semula.

Gunakan sabun pembersih khusus untuk tas berjamur

Bahan alami terkadang tidak terlalu bekerja dengan baik, langkah selanjutnya yang bisa  dilakukan untuk membasmi tas berjamur adalah dengan sabun khusus bernama Saddle soap. Sabun pembersih khusus ini merupakan salah satu produk yang kerap digunakan untuk membersihkan, melindungi, dan merawat tas maupun sepatu berbahan dasar kulit. Mengandung zat pelembap yang cukup tinggi untuk melindungi tas kulit dari jamur, biasanya saddle soap terbuat dari bahan beeswax dan lanolin.

Cara membersihkannya cukup mudah, Anda celupkan terlebih dahulu kain bersih ke dalam air, gosokan kain basah tersebut ke saddle soap, kemudian bersihkan tas kulit yang berjamur tersebut menggunakan kain basah bercampur saddle soap secara perlahan. Ingat, jangan gosok terlalu keras agar permukaan kulit tidak mengelupas.