Tas Terkena Tinta, Jangan Panik Begini 5 Cara Menghilangkan Nodanya 
Ilustrasi (Lum3n/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Siapa yang tidak panik jika tas kesayangan ada noda tintanya, apalagi kalau tas mewah Anda yang jadi korban tinta. Karena biasanya noda tinta di tas agak sulit dihilangkan, apalagi kalau noda tersebut didiamkan hingga lama sekali sebelum dibersihkan. Ada dua jenis tinta, yaitu tinta tidak permanen dan tinta permanen. Kedua jenis tinta ini memerlukan bahan dan cara yang berbeda untuk bisa dibersihkan. 

Mari, simak cara membersihkan atau menghilangkan noda tinta pada tas kesayangan Anda.

Alkohol

Alkohol gosok atau rubbing alcohol merupakan cara menghilangkan noda tinta di tas yang bagus untuk tinta permanen. Nah, spidol papan tulis contohnya. Tinta permanen biasanya dibuat dari bahan dasar minyak, makanya tidak akan berpengaruh kalau dibersihkan dengan air saja.

Hairspray

Hairspray tidak hanya digunakan untuk menata rambut, tapi juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan noda tinta pada tas kesayangan. Ini karena hairspray mengandung alkohol, jadi bisa melunturkan tinta. Dalam menggunakan hairspray untuk menghilangkan noda tinta pada tas harus berhati-hati, soalnya kalau terlalu banyak justru akan memudarkan warna tas atau parahnya membuat tas jadi terkelupas.

Baking Soda

Cara menggunakannya adalah dengan menaburkan bubuk baking soda di atas noda. Diamkan selama beberapa jam, kemudian bersihkan dengan kain. 

Sabun Cuci

Untuk tas kanvas dan kulit, Anda bisa menghapus noda tinta dengan mencuci tas tersebut. Selain sabun cuci (detergen), atau bisa juga menggunakan sampo bayi. Setelah selesai dicuci, jangan jemur tas di bawah sinar matahari langsung supaya tekstur dan bentuk tas tidak berubah.

Air

Jika tinta yang menodai tas bersifat non permanen, biasanya tinta tersebut berbahan dasar air. Contoh tinta yang water based adalah pena tulis dan spidol anak-anak. Nah, tinta yang dibuat dari air bisa dengan mudah dihilangkan menggunakan air juga.