Punya Banyak Koleksi Tas? Begini Cara Perawatannya agar Lebih Awet
Tas wanita (Tamara Bellis-Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Setiap orang umumnya memiliki beberapa jenis tas untuk menunjang penampilan. Dari tas kerja, tas pesta, tas untuk jalan-jalan santai, tas olahraga, dan tas-tas lain yang dipakai pada momen atau suasana hati tertentu. 

Memiliki banyak koleksi tas sebenarnya sah-sah saja, tetapi ingat bahwa semua perlu dirawat agar awet dan kualitasnya terjaga dalam waktu lama. Apalagi jika Anda membeli tas branded dengan harga tinggi, sayang sekali bukan kalau rusak karena tak mendapatkan perawatan? 

Berikut beberapa tips merawat tas yang bisa dilakukan secara rutin: 

Langsung bersihkan saat kotor

Ketika Anda menggunakan tas tertentu lalu kotor, misalnya terkena tumpahan kopi, noda makanan, atau alat tulis terbuka dan berceceran, segera bersihkan sebelum kembali disimpan. Gunakan kapas dan air hangat untuk menghilangkan noda. Jangan digosok terlalu bersemangat, cukup diusap lembut sampai kembali bersih. 

Bila melihat ada jamur di permukaan atau dalam tas, segera bersihkan agar tak merusak lebih jauh lagi. Pertimbangkan untuk membeli sabun khusus tas agar hasilnya lebih optimal dan aman untuk material tas. 

Rutin dipakai

Tas yang terlalu lama disimpan, apalagi dengan cara yang salah, akan rentan rusak walau jarang digunakan. Jadi, salah satu cara termudah merawat tas adalah rutin menggunakannya. Anda bisa secara bergantian memakai seluruh koleksi tas agar semua bisa bernapas lega dan tidak selalu dalam tempat penyimpanan. 

Selalu ingat, lebih baik tas rusak karena sering dipakai sampai puas daripada rusak karena tak pernah dipakai. 

BACA JUGA:


Simpan dalam dustbag

Jangan menyimpan tas dalam kantong plastik demi melindunginya dari debu. Plastik membuat tas jadi kurang bisa bernapas dan kondisi di dalamnya menjadi lembap. Jika ada, simpanlah dalam dustbag atau pakai tas dari bahan kain tipis. Dengan cara ini, tas terhindar dari debu dan tidak akan terkena gesekan dari tas-tas lain. 

Gunakan bantal tas

Saat ada tas yang bentuknya tidak tegak dan kaku, sebaiknya isi dengan bantal khusus ketika disimpan. Cara ini dilakukan agar bentuknya tidak penyok dan berkerut. Jika tidak ada bantalan khusus, Anda bisa mengisi tas dengan kain yang digulung sampai tas penuh atau menggunakan bubble wrap. 

Jangan digantung dan ditumpuk

Menggantung atau menumpuk tas mungkin terkesan mudah. Namun, jika terlalu banyak tas digantung di tempat yang sama, semuanya rentan berdebu, berjamur, dan menggores satu sama lain. Belum lagi bagian talinya bisa menjadi kendur.

Tas memang sebaiknya disimpan di rak atau lemari terbuka dan ditata satu per satu. Namun, jika Anda punya tas-tas kain, seperti tote bag kanvas atau ransel dari bahan katun, ini memungkinkan untuk ditumpuk bersama tas serupa karena bahannya tak seringkih material kulit. 

Jangan simpan di tempat lembap

 

Jika kamar Anda cenderung lembap, carilah area lain yang lebih sejuk dan kering untuk menyimpan tas. Sebab, kelembapan berlebih tak terlalu baik untuk tas karena mudah menimbulkan jamur dan merusak kondisinya. Pun, sebaiknya hindari menaruh tas di lemari kayu dan tempat gelap karena bisa menimbulkan jamur.