Bagikan:

JAKARTA - Pakaian renang rentan terhadap noda dan masalah perawatan kain lainnya yang biasanya tidak ditemukan pada jenis pakaian lain. Selain itu, bahan pakaian renang yang elastis dan lembut juga memerlukan penanganan khusus guna mencegah kerusakan kain permanen. Mengetahui cara mencuci dan merawat baju renang dengan benar akan memperpanjang pemakaian pakaian renang plus menghemat pengeluaran Anda. 

Berikut ini Anda akan menemukan hal-hal yang perlu diketahui tentang mencuci pakaian renang dengan cara yang benar. Serta tips dan alat yang Anda perlukan dalam merawatnya.

Bilas Setelah Dipakai

Hal pertama yang dapat Anda lakukan agar pakaian renang awet dan terlihat layak dipakai bertahun-tahun adalah dengan membilasnya setelah digunakan, dilansir dari Better Homes and Garden, Senin, 26 Juni. Jauhi rasa malas, bawa serta pakaian renang Anda ke kamar mandi. Bilas pakaian renang bersamaan dengan Anda membilas tubuh setelah berenang.

Aturan ini berlaku jika Anda berenang di air tawar, asin, atau berklorin. Pun saat Anda mengenakan pakaian renang hanya untuk berjemur, karena membilas akan membantu menghilangkan sisa tabir surya, keringat, dan kotoran tubuh lainnya. Yang dapat menyebabkan noda dan merusak kain halus pakaian renang.

Mencuci Manual dengan Tangan

Pakaian renang sebaiknya dicuci manual dengan tangan, bukan di mesin cuci. Bagi yang belum tahu, mencuci tangan mungkin terdengar melelahkan, tetapi ini adalah pekerjaan yang cepat dan mudah, terutama jika pakaian yang dicuci kecil dan ringan seperti pakaian renang.

Untuk lebih memudahkan mencuci pakaian renang dengan tangan, pilihlah detergen sekali bilas dan ikuti petunjuk sederhana ini:

  • Larutkan deterjen dalam jumlah yang disarankan dalam air dingin yang cukup untuk merendam pakaian renang.
  • Dengan gerakan mengibas lembut, rendam baju renang dalam larutan deterjen dan biarkan meresap selama 10 menit.
  • Tiriskan larutan deterjen dan tekan baju renang dengan lembut untuk mengeluarkan air; jangan memeras atau memelintir pakaian, karena akan meregangkan dan menekan serat.
  • Keringkan baju renang dengan cara di air-dry; jangan menggantung baju renang sampai kering untuk menghindari peregangan bahan, sehingga membuat pakaian mudah rusak.

Metode memeras untuk mengeluarkan sisa air hanya akan meregangkan serat, mengurangi elastisitas, dan membuat pakaian jadi rusak. Untuk itu, sebaiknya tekan-tekan pekaian dengan kuat untuk mendorong air keluar.

Keringkan dengan Benar

Meskipun mesin cuci adalah pilihan yang bagus untuk mengeringkan pakaian renang, tapi sebaiknya hindari opsi ini. Panas dari mesin pengering akan mengurangi elastisitas baju renang dan dapat memudarkan pakaian berwarna cerah atau gelap. Jika Anda harus memasukkan pakaian renang ke dalam pengering, gunakan siklus tanpa panas.

Saat mengeringkan pakaian renang, letakkan secara mendatar, baik di atas rak pengering atau di atas handuk yang bersih dan kering. Mengeringkan pakaian renang secara mendatar, alih-alih menggantungnya hingga kering, akan mencegahnya meregang.

Cegah dan Rawat Noda Menguning pada Pakaian Berwarna Cerah

Paparan sinar matahari, klorin, dan tabir surya juga dapat menyebabkan masalah pada pakaian berwarna putih atau terang. Jika pakaian renang putih atau berwarna terang mulai berubah menjadi kuning, larutan soda kue akan membalikkannya. Mulailah dengan melarutkan setengah cangkir soda kue dalam satu ember air dingin. Kemudian biarkan pakaian terendam dalam larutan tersebut selama 1-2 jam. Bilas dengan baik dan udara kering.

Menghilangkan Noda Tabir Surya

Tabir surya menciptakan noda kombinasi yang terdiri dari senyawa minyak dan mineral, yang diuraikan untuk menghilangkan noda dengan berbagai cara. Bahan utama dalam sebagian besar formula tabir surya, avobenzone, memiliki kecenderungan untuk teroksidasi dalam air, menyebabkan noda jingga yang dalam.

Noda ini tampak seperti karat dan ketika tabir surya yang mengandung avobenzone bercampur dengan mineral yang muncul secara alami dalam air, noda yang dihasilkan memiliki riasan yang mirip dengan noda karat. Noda tersebut perlu dirawat dengan cara yang sama seperti noda karat.

Untuk menghilangkan noda ini, ada cara yang bisa Anda lakukan menggunakan bahan sederhana seperti air perasan lemon dan garam. Berikut instruksinya;

  • Siram bagian pakaian yang terkena noda dengan menahan kain di bawah air dingin yang mengalir. 
  • Letakkan alas mendatar di permukaan yang dapat diletakkan, tidak terganggu, semalaman. Jika permukaan datar terbuat dari logam, kayu, atau bahan lain yang tidak boleh basah, letakkan handuk terlipat di antara pakaian dan permukaan datar.
  • Peras air perasan lemon langsung ke noda agar jenuh dengan baik, lalu tuangkan setumpuk garam di atas air perasan lemon tersebut.
  • Biarkan air perasan lemon dan garam semalaman, agar meresap dan memecah noda. Pagi hari, sapukan garam ke wadah cucian lalu cuci pakaian seperti biasa.