<i>Clean Beauty</i>, Tren Kecantikan yang Aman dan Ramah Lingkungan
Ilustrasi Clean Beauty (Averie Woodard/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Sama seperti konsep makanan sehat, tren kecantikan clean beauty juga secara harfiah dapat diartikan sebagai perawatan kecantikan dengan bahan-bahan bebas racun. Berawal dari kekhawatiran masyarakat terhadap standar keamanan produk kosmetik, mulai beredar produk kecantikan dengan segala labelnya yaitu alami, natural, eco, organik, dan yang terbaru aman untuk kulit.

Tren clean beauty ini tidak hanya menitikberatkan pada penggunaan bahan-bahan alami atau herbal saja, namun masih bisa menggunakan teknologi laboratorium. Selama produk kecantikan clean beauty ini terbebas dari kandungan berbahaya seperti paraben, sodium lauryl sulfate, triclosan, pewangi, dan pewarna sintetis.

Jika konsep natural beauty berfokus pada penggunaan bahan alami, clean beauty lebih mengutamakan pada keamanan produknya. Sehingga bahan yang digunakan tidak berfokus pada bahan alami maupun sintetis, namun memastikan bahwa bahan yang digunakan adalah bahan yang hanya diperlukan untuk kulit melalui uji klinis.

Meski kerap disamakan dengan produk natural, alami, atau organik, namun clean beauty tidak merujuk pada produk tersebut sebab clean beauty lebih mengutamakan keamanan bahan produknya saja. 

Selain skincare, clean beauty juga dapat ditemukan pada makeup.Anda bisa memulainya dengan lebih jeli membaca dan memahami komposisi bahan yang tertera pada produk kecantikan, sehingga dapat mengidentifikasi kandungan-kandungan toxin untuk menentukan apakah produk tersebut termasuk aman atau tidak.

Wajib diingat, produk perawatan kulit berlabel clean beauty tidak akan membuat kulit Anda bercahaya dalam waktu instan. Butuh waktu hitungan bulan untuk mendapatkan hasil signifikan. Itu pun Anda harus melakukan perawatan intensif. Mulailah berkomitmen untuk merawat diri dengan tren kecantikan satu ini, agar kulit Anda bisa terpancar dan sehat dari bahan-bahan beracun.