7 Gerakan Pemanasan Sebelum Berenang yang Dapat Meminimalisir Risiko Cedera
Ilustrasi gerakan pemanasan sebelum berenang (Foto: Pexels/Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Gerakan pemanasan sebelum berenang wajib dilakukan agar perenang tidak mengalami cedera saat bergerak di dalam air.

Pemanasan merupakan aktivitas tingkat rendah untuk mempersiapkan tubuh dan otot untuk bergerak dengan tingkat yang lebih tinggi.

Berenang tanpa pemanasan dapat membuat otot dan detak jantung melonjak tiba-tiba sehingga tubuh akan kaget dan lebih rentan cedera. Lantas, apa saja gerakan pemanasan sebelum berenang yang wajib dilakukan? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut informasi selengkapnya.

Gerakan Pemanasan Sebelum Berenang

1. Mengayunkan lengan

Cara melakukan gerakan ini yakni merentangkan kedua tangan selebar mungkin, kemudian ayunkan dengan memutar secara sinkron antara tangan kanan dan kiri.

2. Skipping

Cara melakukan skipping atau lompat tali, yakni berdiri tegak, kemudian rapatkan kedua kaki dan pandangan lurus ke depan. Berikutnya, posisikan tali di belakang kaki dengan kedua ujung tali menggunakan kedua tangan. Lalu putar tali ke depan melewati atas kepala.  Pada saat tali menyentuh lantai, loncatlah sampai kedua kaki melewati tali.

Selain melakukan skipping, Anda juga bisa menggantinya dengan gerakan melompat atau jogging di tempat.

3. Plank

Cara melakukan gerakan plank yakni memposisikan badan seperti push-up, tapi lengan tegak lurus dan kamu harus menahan posisi itu selama mungkin.

4. Peregangan lutut-ke-dada

Cara melakukannya, yakni berbaring di lantai dengan punggung rileks dan lurus. Kemudian, tarik kedua lutut ke arah dada sampai kamu merasakan regangan di punggung bawah.

5. Peregangan hamstring

Cara melakukan gerakan ini yakni menjaga dada tetap tegak dan mempertahankan lengkungan di punggung bawah ketika Anda mencondongkan tubuh ke depan. Tahan posisi tersebut selama beberapa detik.

6. Standing T

Langkah-langkah melakukan gerakan Standing T, yakni:

  • Berdiri tegak dengan satu kaki melangkah ke depan.
  • Julurkan kedua lengan ke depan dan kepalkan tangan dengan posisi ibu jari terangkat ke atas (seperti memberikan tanda ‘oke’).
  • Pertahankan posisi kepalan tangan tersebut sambil pelan-pelan merentangkan tangan ke samping selebar mungkin dan dorong lengan hingga sedikit ke belakang.
  • Saat melakukan gerakan merentangkan tangan hingga sedikit ke belakang tersebut, tulang belikat akan terdorong maju.
  • Tahan posisi tersebut selama satu hingga dua detik kemudian kembali ke posisi semula dan ulangi sebanyak enam hingga sepuluh kali.

7. Quad rocking

Gerakan Quad Roking dimulai dalam posisi merangkak. Kemudian, tekuk lutut dan tarik panggul ke belakang hingga bagian bokong berada di antara kedua telapak kaki.

Pertahankan siku lengan tetap lurus. Kemudian kembali pada posisi semula sambil meregangkan punggung seperti kucing. Ulangi gerakan ini sebanyak enam kali.

Demikian informasi tentang gerakan pemasan sebelum renang. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.