Bagikan:

YOGYAKARTA – Pernahkah Anda cedera pinggang atau bahu saat angkat benda berat seperti galon, tabung gas, atau benda lain yang berat? Cedera tersebut disebabkan karena Anda tak menguasai tips dan teknik angkat beban yang benar.

Mengangkat beban dengan posisi yang salah memperbesar risiko cedera, bisa cedera pada bahu, pinggang, tangan, bahkan lutut. Jika sudah begitu Anda harus memulihkan cedera dengan baik agar tak mengganggu aktivitas.

Teknik Angkat Beban yang Benar

Harus diketahui bahwa cedera yang disebabkan oleh angkat beban bisa terjadi dalam berbagai aktivitas, seperti di rumah, sekolah, atau sedang bekerja. Untuk menghindari cedera, begini teknik angkat beban yang tepat.

  1. Pemanasan

Pemanasan sangat penting untuk dilakukan tidak hanya sebelum olahraga, namun sebelum Anda melakukan kegiatan fisik seperti mengangkat beban berat dengan jumlah yang tidak sedikit. Lakukan sedikit pemanasan dan peregangan ringan agar otot tidak kaku.

  1. Posisi Kaki Sebagai Penopang dengan Tepat

Kaki jadi dasar untuk tubuh yang membantu menopang berat. Saat ingin mengangkat beban, posisikan kaki selebar bahu. Kaki kanan sedikit maju dari posisi kaki kiri.

  1. Jongkok

Ambil posisi jongkok saat benda berat yang diangkat berada cukup rendah atau setara lantai untuk menghindari cidra pinggang.

  1. Jangan Tekuk Punggung

Jangan membengkokkan punggung. Saat mengangkat benda berat usahakan punggung tetap lurus. Dorong dada ke depan lalu tarik bahu ke belakang.

  1. Jangan Buat Gerakan Tiba-tiba

Saat mengangkat benda berat usahakan untuk tak membuat gerakan tiba-tiba seperti menghentak. Anda bisa memulainya dengan gerakan yang lambat dan halus.

  1. Punggung Jangan Jadi Tumpuan

Hindari membawa benda berat dengan punggung atau menjadikan punggung sebagai tumpuan benda berat. Jangan pula menekuk punggung saat mengangkat benda karea berpotensi meningkatkan cedera.

  1. Mencari Pegangan Lain

Manfaatkan lokasi sekitar sebagai pegangan. Saat angkat beban berat, Anda bisa mencari pegangan yang kokoh di sekitar setinggi bagian perut. Ketiga bergerak dengan benda berat usahakan bahu sejajar dengan punggul, saat berjalan dengan ganti arah atur dengan pinggul.

  1. Posisi saat Meletakkan Benda Berat

Saat Anda harus meletakkan benda berat di lantai atau di tempat yang lebih rendah dari perut, lakukan dengan hati-hati. Anda bisa jongkok dengan pinggul dan lutut agar lebih aman. Jangan pernah menekuk punggung untuk menghindari cedera.

  1. Jangan Paksakan Diri

Jangan pernah memaksakan diri untuk mengangkat benda berat. Anda bisa menggunakan alat bantu untuk meringankan beban yang harus diangkat. Selain itu istirahatlah selama beberapa menit sambil minum segelas air. Istirahat dari aktivitas mengangkat beban berat akan membantu Anda mengurangi risiko cedera.

Itulah beberapa teknik angkat beban yang benar. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.