Teknik Memegang Raket Badminton Secara Benar yang Harus Diketahui Pemula, Lengkap dengan Kelebihannya
Ilustrasi pemain badminton pemula (ochimax studio on Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Teknik memegang raket secara benar dan tepat dalam olahraga badminton atau bulu tangkis harus diketauhi oleh pemula yang ingin memulai kariernya di olahraga ini. Pasalnya, cara memegang raket akan berpengaruh pada performa saat bermain.

Teknik Memegang Raket Badminton

Selain itu, memegang raket dengan benar juga akan memperkecil risiko cidera di bagian tangan serta berpengaruh pada kekuatan pukulan shuttlecock (kok) agar bisa jatuh di wilayah lawan.

Berikut ini teknik memegang raket yang harus dikuasai atlet badminton, dikutip VOI dari berbagai sumber.

  1. American Grip

Secara sederhana, teknik ini hampir mirip saat Anda memegang gagang teflon. Adapun posisi jari adalah menggenggam handle raket, namun ibu jari dan jari telunjuk berada di bagian yang luas dan pastikan keduanya saling menempel. Teknik ini sangat cocok untuk melakukan smash atau mengembalikan pukulan lawan.

Kelebihan pukulan ini adalah tingkat efektivitasnya saat pemain ingin melakukan smash. Selain itu teknik ini juga lebih bertenaga sehingga arah pukulan kok bisa lebih tajam.

  1. Teknik Forehand Grip

Teknik ini bisa dilakukan baik dengan tangan kanan atau kiri. Adapun teknik forehand grip adalah dengan menempatkan posisi raket menyamping. Genggam raket seperti posisi jabat tangan, antara ibu jari dan telunjuk akan sedikit berjarak hingga membentuk huruf V. Sedangkan jari lain menggenggam raket.

Kelebihan teknik forehand grip adalah raket tak mudah terpeleset dari tangan dan menghindari cidera saat mengayunkan raket. Teknik ini sangat membantu atlet yang memiliki dominasi pada tubuh bagian kanan karena akan memudahkan pukulan kok tanpa harus bersusah payah.

  1. Teknik Backhand Grip

Teknik ini hampir menyerupai forehand grip. Anda bisa memegang raket seperti teknik forehand grip, namun pastikan ibu jari di bagian belakang handle atau pegangan raket. Hal itu dilakukan untuk memberi tambahan kekuatan pukulan. Sedangkan jari lain diposisikan di bagian depan pegangan raket.

Kelebihan teknik backhand grip adalah mampu menyembunyikan arah pukulan kok, sehingga lawan sulit mengantisipasinya. Namun jika lawan yang menggunakan teknik ini, pemain harus bisa membaca pergerakannya secermat mungkin.

  1. Teknik Combination Grip

Seperti namanya, teknik ini menggabungkan forehand grip dan backhand grip. Cara menerapkan teknik ini adalah memegang raket dengan posisi miring. Sedangkan posisi jari telunjuk berada di bagian depan mengarah ke ujung raket, posisi ibu jari berada di pegangan raket bagian belakang. Untuk jari sisanya ditekuk di bawah pegangan raket dengan erat.

Kelebihan teknik combination grip adalah memudahkan pemain untuk menjangkau shuttlecock yang dilempar oleh lawan.

Latihan Memperkuat Genggaman Raket

Seperti telah dikatakan sebelumnya, cara memegang raket akan sangat berpengaruh pada pukulan dan memperkecil risiko cidera. Penting untuk atlet melakukan latihan yang membantu memperkuat genggaman raket. Latihan yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut.

  1. Gunakan Alat Pelatih Genggaman Tangan
  2. Latihan Angkat Beban
  3. Latihan Pull Up, Bar Hang, dan Push Up

Selain terkait teknik memegang raket secara benar untuk pemula, dapatkan informasi menarik lainnya di VOI.ID.