Bagikan:

YOGYAKARTA - Smash merupakan salah satu teknik pukulan yang harus dikuasai oleh setiap pemain bulu tangkis. Pukulan smash menjadi salah satu serangan untuk menjebol pertahanan lawan, sehingga bisa mendapatkan poin. Lantas bagaimana teknik smash dalam bulutangkis?

Pukulan smash dilakukan dengan mengerahkan lengan sekuat tenaga agar kock bisa meluncur kencang. Namun pukulan smash tidak boleh dilakukan secara asal-asalan agar agar arah kock bisa akurat dan tidak melenceng. Teknik smash membutuhkan beberapa aspek, mulai dari kekuatan otot bahu, lengan, dan tungkai, serta fleksibilitas tangan. 

Pukulan smash yang dilakukan secara ngawur dan hanya mementingkan kekuatan maka berpotensi menyebabkan cedera. Apabila smash dilakukan dengan teknik yang benar maka bisa dipastikan pukulan kock akan mematikan lawan atau tidak bisa dihalau. Oleh karena itu, Anda perlu mempelajari teknik smash dalam bulu tangkis. 

Teknik Smash dalam Bulu Tangkis

Dalam olahraga bulu tangkis terdapat dua jenis pukulan smash, yaitu forehand smash dan backhand smash. Perbedaan kedua pukulan smash tersebut yakni dari cara memegang raket. 

Pukulan forehand smash biasanya lebih mudah dikuasai karena dilakukan dengan arah tangan yang dominan. Meski demikian menguasai kedua pukulan smash baik forehand dan backhand sama pentingnya. Berikut ini langkah-langkah melakukan teknik smash dalam bulu tangkis. 

Forehand Smash

Cara mempraktikan pukulan forehand smash sangatlah mudah asalkan Anda mengetahui tekniknya. Berikut ini tutorial cara melakukan forehand smash:

  1. Pertama pastikan pandangan Anda fokus melihat datangnya arah kok dari pukulan lawan. Forehand smash dilakukan apabila kok meluncur ke arah sisi tangan dominan yang Anda gunakan untuk memegang raket. 
  2. Posisi tubuh untuk menyambut datangnya kok yakni dengan berdiri menyamping. Tangan yang tidak membawa raket menghadap ke arah net. Sementara tangan yang memegang raket di posisi sebaliknya untuk mengambil ancang-ancang atau tolakan pukulan. 
  3. Kemudian tumpuan berat badan dipindahkan ke kaki yang berada di belakang. 
  4. Tekuk lengan Anda untuk bersiaplah memukul kok dengan posisi raket mengarah ke depan sedikit ke atas.  
  5. Saat kok sudah berada di jarak ideal untuk disambut, melompatlah menggunakan kaki tumpuan. Kemudian ayunkan lengan Anda sepenuh tenaga untuk memukul kok. 
  6. Supaya bisa menghasilkan pukulan dengan tenaga maksimal, luruskan siku tangan Anda saat memukul kok. 
  7. Saat kepala raket akan menyentuh kok, arahkan pergelangan tangan ke bawah untuk menghasilkan pukulan yang lebih tajam atau menukik.

Backhand Smash

Cara mempraktikan backhand smash membutuhkan latihan yang lebih ekstra karena pukulan dilakukan dalam posisi yang lebih sulit. Berikut ini tutorial melakukan backhand smash:

  1. Untuk melakukan backhand smash, terapkan jenis pegangan backhand. Fokuskan pandangan Anda untuk melihat arah datangnya kok. Smash backhand dilakukan apabila kok meluncur ke sisi sebaliknya dari tangan dominan yang digunakan untuk memegang raket. 
  2. Posisi tubuh menyamping ke posisi kebalikan dari ketika melakukan forehand smash. Kaki yang digunakan untuk tumpuan adalah kaki yang berlawanan dari tangan yang memegang raket. Misalnya Anda memegang raket menggunakan kanan, maka tumpuan dibebankan di kaki kiri, begitu pula sebaliknya. 
  3. Persiapkan tangan Anda untuk menyambut kok, dengan mengarahkan kepala raket ke belakang atau menjauhi net dan posisi siku sedikit ditekuk untuk ancang-ancang melakukan pukulan. 
  4. Saat kok sudah berada di jarak ideal untuk disambut, melompatlah menggunakan kaki tumpuan. Kemudian ayunkan lengan Anda ke arah depan sekuat tenaga untuk memukul kok. 
  5. Saat kepala raket akan menyentuh kok, arahkan pergelangan tangan ke bawah untuk menghasilkan pukulan yang lebih tajam atau menukik.

Demikianlah cara mempraktikkan teknik smash dalam bulu tangkis. Baik forehand dan backhand smash sama-sama bisa dilakukan tanpa harus melompat. Jadi Anda bisa melayangkan pukulan smash dengan melompat maupun tidak, sesuai dengan tingginya kok yang datang.