Bagikan:

YOGYAKARTA – Dalam permainan olahraga Bulu Tangkis, ada pukulan yang dinamakan servis. Secara umum servis Bulu Tangkis adalah pukulan pembuka permainan yang dilakukan dengan memukulkan shuttlecock ke arah lawan. Dalam praktiknya, ada beberapa jenis servis Bulu Tangkis yang bisa dilakukan.

Jenis Servis Bulu Tangkis

Menguasai berbagai teknik servis badminton atau bulu tangkis membantu pemain mencuri poin dari lawan sehingga potensi kemenangan lebih besar. Berikut ini beberapa jenis servis dalam Bulu Tangkis yang harus dikuasai.

  1. Servis Forehand Tinggi

Servis forehand dikenal juga dengan nama servis bawah karena servis dilakukan dengan cara mengayunkan raket dari arah bawah dibarengi dengan lepasnya shuttlecock dari tangan. Servis forehand tinggi dilakukan dengan dengan tenaga penuh agar shuttlecock dapat meluncur tinggi dan jauh, harapannya mampu melewati posisi lawan.

  1. Servis Forehand Rendah

Teknik pemukulan forehand rendah mirip dengan forehand tinggi, yang membedakan adalah tenaga yang dikeluarkan dan target yang akan dicapai. Pada servis ini, servis dilakukan dengan harapan shuttlecock dapat meluncur mendekati net serendah mungin dan jatuh di garis depan lawan sehingga menyulitkan lawan mengembalikan shuttlecock.

  1. Servis Backhand

Servis ini juga lazim dilakukan oleh para atlet bulutangkis, terutama pemain ganda. Servis ini dilakukan dengan cara memegang shuttlecock dengan tangan kiri, sedangkan posisi raket adalah miring dipegang dengan tangan kanan. Servis ini dilakukan agar shuttlecock bisa meluncur serendah mungkin dengan net segungga jatuh di garis serang bagian depan area lawan. Dengan begitu lawan akan mengembalikan shuttlecock dengan pukulan tinggi.

  1. Servis Panjang

Servis ini dilakukan dengan teknik dasar forehand dan backhand yang tujuannya adalah mengarahkan shuttlecock ke area belakang lawan. Servis ini dilakukan dengan memegang raket setinggi bahu lalu mengayunkannya dari belakang ke depan badan. Usahakan jangan memukul terlalu kencang agar shuttlecock tak keluar lapangan.

  1. Servis Datang

Seperti namanya, servis ini dilakukan dengan memukul shuttlecock dengan arah datar. Teknik ini dilakukan dengan arah pukulan datar ke arah badan lawan atau ke arah tertentu agar lawan kesulitan mengembalikan shuttlecock. Servis ini cukup sulit dilakukan karena atlet harus bisa mengatur tenaga pukulan serta dapat membaca titik lemah lawan. Jika atlet tak memperhitungkan dua faktor tersebut, lawan akan dengan mudah mengembalikan pukulan sehingga poin bisa dicuri.

  1. Servis Drive

Servis drive dilakukan dengan cara memukul shuttlecock dengan cepat, datar, dan serendah mungkin dengan net. Cara melakukan servis ini adalah dengan melempar shuttlecock dari badan lalu memukulnya. Biasanya servis ini menyasar sudut perpotongan antar lini belakang dan lini tengah lapangan.

  1. Servis Flick

Servis flick dilakukan dengan cepat sekaligus tiba-tiba. Teknik ini mengincar kewaspadaan lawan yang menurun sehingga shuttlecock dapat meluncur dengan cepat tak mudah dikembalikan. Karena servis ini mengandalkan kecepatan, maka tenaga yang dibutuhkan juga harus besar.

Itulah informasi tentang jenis servis Bulu Tangkis. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.