Bagikan:

YOGYAKARTA - Tarikan senar raket menjadi salah satu hal yang mendukung kenyamanan seorang pemain badminton. Sebab senar raket sangat mempengaruhi kekencangan atau daya pukul terhadap kock. Lantas seperti apa tarikan senar raket badminton yang ideal?

Kunci kenyamanan hingga kemenangan dalam olahraga badminton tidak hanya bergantung dari skill pemainnya. Namun skill pemain juga harus didukung dengan perlengkapan yang proper, yakni raket dengan tarikan senar yang ideal. Dengan tarikan senar yang pas, player bisa bermain dengan optimal dalam memukul kock. 

Selain itu, tingkat tarikan senar raket juga harus disesuaikan dengan kebutuhan dan gaya bermain setiap player. Setiap tingkat tarikan senar akan menghasilkan daya pukul yang berbeda yang cocok digunakan untuk masing-masing teknik penggunaan raket. Seperti apa tarikan senar raket badminton yang ideal beserta kebutuhan penggunaannya?

Pengaruh Tarikan Senar Raket

Setiap pemain bulu tangkis harus paham bahwa tingkat tarikan senar raket akan mempengaruhi daya atau kekuatan pukulan dari raket. Banyak pemain pemula yang menganggap jika tarikan senarnya semakin tinggi maka pukulannya bisa lebih kencang. Padahal tingkat tarikan senar raket berbanding terbalik dengan kekuatan pukulan yang dihasilkan.

Apabila tarikan senar raket semakin tinggi maka rangkaian senar raket jadi lebih keras, namun kekuatannya lebih rendah atau menurun. Meski kekuatan lebih kecil, tingkat tarikan senar ini memiliki kelebihan pada keakuratan dan pengontrolan raket. Di sisi lain, pergelangan tangan akan terasa lebih berat saat menggunakan raket untuk pukulan panjang. 

Sementara itu jika tarikan senarnya semakin rendah maka kekuatan pukulannya justru meningkat. Namun di samping itu, keakuratan dan pengontrolannya jadi menurun. Tapi pemakaian raket jadi lebih ringan, sehingga pergelangan tangan tidak akan terasa lebih berat. 

Tarikan Senar Raket Badminton yang Ideal

Sebenernya tingkat tarikan senar raket yang ideal bisa berbeda-beda tergantung dalam bermain dan tingkat pemainnya. Ada pemain yang lebih senang dengan gaya bermain attack smash kencang dan ada pula yang lebih sering melakukan pukulan ringan tipuan. Selain itu, level pemain juga berbeda mulai dari pemula, menengah, dan profesional. 

Untuk tingkat tarikan senar raket badminton yang ideal bagi pemula adalah sekitar 18-22 lbs. Tarikan senar ini memungkinkan pemain melakukan pukulan yang cukup akurat dan stabil. Berikut ini beberapa tingkat tarikan senar raket beserta hasil penggunaan raketnya. 

16-22 lbs

Tingkat tarikan raket 16-22 lbs sangat direkomendasi bagi pemain pemula. Tingkat tarikan ini cocok untuk permainan yang belum mengeluarkan banyak tenaga atau melancarkan pukulan kencang dan kuat. 

Tingkat tarikan raket ini cocok bagi pemain yang ingin memberikan pukulan cukup kuat dan tetap stabil. Pemukulan yang tepat dengan tarikan senar ini terletak pada sweet spot. Namun kekurangan dari tarikan ini adalah kontrol dan akurasinya yang lebih rendah. 

22-24 kbs

Tingkat tarikan senar 23-26 lbs cocok untuk pemain di kelas menengah. Senar ini menghasilkan keakuratan dan kekuatan pukulan yang lebih baik dari tingkat tarikan senar sebelumnya. 

Pemain yang sering memukul keras dengan mengerahkan banyak tenaga cocok untuk menggunakan raket dengan tingkat tarikan senar ini. Senar ini sangat mendukung untuk gaya bermain menyerang. Selain itu, senar ini juga menghasilkan kontrol yang lebih baik sehingga menunjang teknik dropshot dan netting. 

25 lbs ke atas

Tarikan senar raket 25 lbs ke atas cocok digunakan oleh pemain dengan level pro player atau sudah mahir. Senar ini menghasilkan keakuratan pukulan yang sangat baik. Biasanya pengguna raket ini sudah pandai dalam mengontrol kekuatan ayunan pergelangan tangan. Selain itu jenis tarikan ini juga sangat mendukung untuk defense. 

Demikianlah ulasan mengenai tarikan senar raket badminton yang ideal. Ada beberapa jenis tingkat tarikan senar raket yang harus disesuaikan dengan kebutuhan bermain dan level pemain. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.