Jenis-Jenis Raket Badminton, Beda Fungsi Beda Gaya Bermain
Ilustrasi jenis raket Badminton (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Raket menjadi alat utama dalam olahraga badminton atau bulu tangkis. Selama ini banyak orang hanya memakai raket asal bisa untuk memukul shuttlecock. Padahal ada beberapa jenis raket badminton yang dibedakan berdasarkan bentuk dan fungsinya. 

Badminton merupakan salah satu olahraga yang sangat populer di Indonesia. Bahkan Indonesia menjadi negara unggulan dalam ajang kompetisi bulu tangkis tingkat internasional. Banyaknya atlet-atlet dalam negeri yang sukses mengumpulkan segudang medali dan bertengger di puncak ranking pebulutangkis dunia.  

Prestasi membanggakan tersebut telah memantik semangat masyarakat memainkan olahraga tepok bulu. Supaya permainan lebih maksimal, Anda perlu tahu jenis-jenis raket badminton dan fungsinya masing-masing. 

Jenis-Jenis Raket Badminton

Memilih raket badminton sebaiknya tidak dilakukan secara sembarangan atau asal pakai. Ada tiga jenis raket yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda dalam bermain bulu tangkis. Berikut ini jenis-jenis raket badminton yang perlu Anda tahu. 

Raket Head Heavy

Raket jenis head-heavy cocok bagi Anda yang mengandalkan kekuatan atau power pukulan. Raket ini memiliki bobot lebih berat di bagian kepala. Raket head-heavy sangat direkomendasikan bagi Anda yang memiliki lengan atau pergelangan tangan yang kuat. Dengan memakai raket ini, pukulan smash akan lebih keras dan kencang untuk menembus pertahanan lawan. 

Raket Head-Light

Jika Anda tipikal pemain dengan gaya menyerang cepat, maka sebaiknya memilih raket head-light. Raket jenis memiliki bobot lebih ringan di bagian kepala dan lebih berat ke arah pegangan. Saat menggunakan raket ini, Anda bisa lebih cepat dan efektif saat memukul bola. Raket ini sangat cocok diandalkan untuk adu drive pendek dan cepat di depan net. 

Raket Even-Balance

Jenis raket ini sangat cocok bagi Anda yang suka bermain dengan gaya bertahan. Raket ini punya keseimbangan yang sepadan di bagian atas atau kepala dan bagian pegangan. Dengan memakai raket ini, Anda bisa bertahan dengan kuat dan melakukan manuver secara baik. 

Demikianlah ulasan mengenai jenis-jenis raket badminton beserta fungsinya masing-masing. Jika ingin aksi di lapangan bisa lebih optimal, Anda perlu memakai raket sesuai dengan kebutuhan atau gaya bermain Anda. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.