Bagikan:

YOGYAKARTA - Memilah senar yang benar sangat berarti serta seperti itu intinya. Tentu saja, terdapat batas buat dampak mengganti string Kalian, namun penyesuaian serta menciptakan kecocokan yang pas merupakan usaha yang layak. Kalian bahagia kalau Kalian mempunyai raket kesukaan Kalian di kit Kalian, namun Kalian bakal memerlukan senar yang sama hebatnya buat menciptakan bidikan impian Kalian. Lantas bagaimana cara memilih senar raket tenis yang benar?

Senar merupakan bagian sangat berarti dari raket yang melangsungkan kontak dengan bola serta oleh sebab itu berakibat signifikan pada performa. Terdapat bermacam string yang ada di pasaran yang membuat seluruh orang bimbang. Buat membantu raket Kalian tampak optimal,ada baiknya buat menginvestasikan waktu serta duit Kalian buat memilah satu set senar dengan bijak. 

Cara Memilih Senar Raket Tenis

Berikut adalah 3 hal yang harus Kalian pertimbangkan saat memutuskan senar tenis terbaik untuk Kalian:

Manfaat

Sama seperti berbagai ukuran dan berat raket tenis yang menciptakan pengalaman bermain yang berbeda, jenis senar tenis yang berbeda menghasilkan efek yang berbeda saat Kalian melakukan kontak dengan bola. Ada empat manfaat utama yang perlu dipertimbangkan saat memutuskan senar yang tepat untuk Kalian, yaitu kekuatan, kontrol, kenyamanan, dan putaran.

Bahan

Agar menghasilkan manfaat yang berbeda, senar tenis dibuat dengan berbagai macam bahan dan ketebalan. Tiga hal utama yang harus dipikirkan ketika memutuskan bahan adalah:

Senar tenis terbuat dari usus alami, nilon (multifilamen) atau poliester (monofilamen). Senar usus alami dan nilon paling baik untuk pemain pemula hingga menengah karena sifat kekuatan dan kenyamanannya, sedangkan poliester paling baik untuk pemain tingkat lanjut karena sifatnya yang lebih kaku dan berorientasi pada kontrol.

Pengukur: Senar tenis dibuat dengan ketebalan berbeda, yang disebut pengukur. Semakin tebal pengukur, semakin banyak daya tahan dan kontrol, sedangkan semakin tipis pengukur, semakin banyak tenaga dan kenyamanan. Berikut adalah alat pengukur yang paling umum dan untuk siapa kami merekomendasikan masing-masing:

15/1,40 mm: Pengukur paling tebal; terbaik untuk pemain tingkat lanjut yang mencari daya tahan dan kontrol maksimum.

16/1,30 mm: Pengukur tebal sedang; terbaik untuk pemain kompetitif yang sering memutuskan tali.

16L/1,28mm: Pengukur sedang ditemukan di string Luxilon; terbaik untuk pemain kompetitif yang mencari perpaduan kekuatan dan kontrol.

17/1,25 mm: Pengukur tipis sedang; terbaik untuk pemain pemula dan menengah yang mencari kekuatan dan kenyamanan.

17L/1.20mm: Pengukur tipis; terbaik untuk pemain yang mencari peningkatan sentuhan dan rasa

18/1,15 mm: Pengukur tertipis; terbaik untuk pemain yang menginginkan sentuhan dan nuansa maksimal

Tempat tidur penuh atau hibrida: Senar tenis dijalin baik secara vertikal (induk) dan horizontal (menyilang) dalam raket. Itu berarti Kalian harus memutuskan senar mana yang naik dan turun serta senar mana yang berdampingan di raket Kalian.

Sementara sebagian besar pemain lebih suka menggunakan string yang sama untuk keduanya, atau "full bed", banyak pemain mulai menggunakan dua string yang berbeda, atau "hybriding", untuk memanfaatkan campuran manfaat string. Misalnya, menggunakan senar poliester di kabel listrik dan senar nilon di persilangan akan memberi Kalian perpaduan antara kontrol, putaran, kekuatan, dan kenyamanan sementara hanya menggunakan nilon akan menjaga kekuatan dan kenyamanan senar Kalian.

Jadi setelah mengetahui cara memilih senar raket tenis, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!