Manfaat Pemanasan dan Pendinginan Dalam Olahraga, Awas! Jangan Sepelekan Dua Hal Ini Kalau Tak Mau Menyesal Nantinya
Manfaat Pemanasan dan Pendinginan (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Pernah kah anda disuruh untuk pemanasan dan pendinginan saat berolahraga oleh guru Anda? Lalu apa manfaat pemanasan dan pendinginan?

Meskipun telah benar-benar mendasar dan dikenal secara luas, pemanasan dan pendingin dalam berolahraga buktinya sering kali dilupakan. Meski, kedua hal itu sama pentingnya dengan inti dari olahraga itu sendiri, lho!

Pemanasan disarankan untuk dilaksanakan sebelum tubuh diajak berolahraga. Sayangnya, jarang ada orang yang ingin mengaplikasikan tradisi bagus ini. Pemanasan diperlukan untuk menolong mempersiapkan tubuh sebelum menjalankan kegiatan yang cenderung berat. Gerakan-gerakan yang dikerjakan dalam pemanasan ataupun pendinginan bisa menolong meningkatkan fleksibilitas atau kelenturan otot yang maksimal untuk mencegah cedera otot. Supaya lebih terang, yuk lihat alangkah pentingnya pemanasan dan pendinginan dalam olahraga!

Manfaat Pemanasan dan Pendinginan

Pemanasan (Unsplash)

Pentingnya Pemanasan dalam Olahraga

Pemanasan dikerjakan setidaknya 5-10 menit sebelum berolahraga. Gerakan yang dikerjakan bahkan cenderung pelan, gampang, dan tetap. Salah satu yang semestinya dijalankan ketika pemanasan ialah peregangan otot, untuk membikin otot lebih elastis dan lentur.

Kemudian, pemanasan sebelum berolahraga juga berguna untuk meningkatkan temperatur tubuh, aliran darah, dan detak jantung. Kongkritnya hal-hal itu diperlukan untuk mempersiapkan performa jantung dan pembuluh darah. Nyatanya, hal ini juga bisa menolong mengurangi risiko kram, cedera, dan pegal pada otot sesudah berolahraga.

Walaupun penting, perlu diingat untuk tak menjalankan pemanasan secara berlebihan. Pasalnya, pemanasan yang berlebihan bahkan dapat menyebabkan cedera sendi. Kemudian, pemanasan yang berlebihan bahkan dapat menghabiskan tenaga dan membikin olahraga menjadi tak tepat sasaran.

Pentingnya Pendinginan dalam Olahraga

Pendinginan juga menjadi satu hal yang paling kerap dilupakan. Meskipun, dalam rangkaian olahraga, pendinginan alias cooling down yakni hal yang sama penting dengan pemanasan. Pendinginan acap kali dilupakan sebab seseorang umumnya telah terlalu lelah dan merasa malas untuk mengerjakannya.

Sekiranya pemanasan dikerjakan untuk mempersiapkan tubuh sebelum berolahraga, karenanya pendinginan juga mempunyai perannya sendiri. Menjalankan pendinginan sesudah berolahraga bertujuan untuk menolong mengembalikan keadaan tubuh seperti semula. Kemudian, pendinginan juga penting untuk mencegah cedera dan pegal-pegal sesudah berolahraga.

Dikala sedang berolahraga, otot tubuh akan mengalami perubahan dan merasa hangat sebab gerakan dan kecepatan yang dikerjakan. Nah, untuk inilah diperlukan pendinginan. Pendinginan bisa menolong meningkatkan jangka gerak otot. Tujuannya yakni untuk menghindari terjadinya robek atau terluka pada komponen otot.

Sama dengan pemanasan, menjalankan pendinginan sesudah berolahraga tak boleh sembarangan. Pendinginan semestinya dikerjakan dengan sistem yang lembut, hindari menjalankan gerakan yang sama beratnya, seperti meloncat atau gerakan lain yang lebih kencang. Jangan lupa juga untuk mengontrol nafas mulai ketika pemanasan, berolahraga, sampai pendinginan.

Berdasarkan penelitian, teknik pernafasan yang ideal ketika pendinginan bisa meningkatkan kinerja olahraga. Teratur menjalankan pemanasan sebelum olahraga dan pendinginan sesudah olahraga buktinya tak pernah sia-sia. Orang yang Menjalankannya dengan benar disebut mempunyai risiko cedera olahraga yang lebih rendah dibandingi yang tak melaksanakannya.

Jadi setelah mengetahui manfaat pemanasan dan pendinginan, Simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!

Terkait