Tidak Hanya Menghindari Cidera, Ini 11 Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga Inti
Ilustrasi pemanasan sebelum olahraga (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Banyak pelatih maupun atlet yang mewajibkan pemanasan sebelum olahraga inti. Manfaat pemanasan sebelum olahraga tidak hanya sekadar memperkecil risiko cidera, namun berdampak pada kesehatan secara keseluruhan.

Cara melakukan pemanasan sebelum olahraga inti pun beragam. Namun secara umum aktivitas tersebut bisa berupa gerakan ringan mencakup peregangan statis dan dinamis atau bisa pula dengan melakukan gerakan olahraga inti secara kasar dan halus.

Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga

Pemanasan dilakukan beberapa saat sebelum melakukan olahraga inti. Durasi pemanasan pun beragam disesuaikan dengan kebutuhan. Anda bisa melakukan pemanasan selama 15 hingga 30 menit. Adapun manfaat pemanasan sebelum olahraga adalah sebagai berikut, dikutip dari berbagai sumber.

  1. Memperkecil risiko cidera fisik

Pada dasarnya pemanasan bertujuan untuk membantu rileksasi pada otot sebelum olahraga inti agar otot tak mengalami trauma akibat gerakan yang mendadak sehingga memperkecil risiko cidera fisik.

  1. Menambah kelenturan otot

Pemanasan juga bertujuan untuk meningkatkan fleksibilitas otot. Saat otot lentur, Anda bisa melakukan olahraga inti dengan nyaman dan gerakan fisik pun lebih maksimal.

  1. Melancarkan darah dan oksigen

Seperti diketahui, otot berhubungan dengan darah dan oksigen. Saat otot dilatih dengan baik, maka darah bisa mengalir dengan lancer dan oksigen terdistribusikan dengan baik.

  1. Meningkatkan efektivitas dalam berolahraga

Efektivitas olahraga juga diperlukan agar manfaatnya lebih terasa untuk tubuh dan kesehatan. Hal itu tak bisa dicapai seandainya atlet malas melakukan pemanasan.

  1. Melatih reflek dan kecepatan

Reflek dan kecepatan gerak tubuh tidak bisa dilatih begitu saja. Anda harus melakukan serangkaian olahraga ringan yang bisa dilakukan saat pemanasan dan olahraga tertentu. Reflek dan kecepatan gerak tubuh akan muncul dengan sendirinya saat olahraga dilakukan secara teratur.

  1. Gerak sendi lebih leluasa

Sendi juga berhubungan dengan otot. Dengan melakukan pemanasan, sendi bisa bergerak dengan bebas dan tetap nyaman saat olahraga. Otot yang kaku akan membatasi ruang gerak sendi yang berdampak pada kenyamanan berolahraga hingga berpengaruh pada cidera.

  1. Menjaga stabilitas detak jantung

Pemanasan bermanfaat untuk meningkatkan detak jantung dan membuatnya tetap stabil. Hindari olagraga tanpa pemanasan karena akan meningkatkan detak jantung secara mendadak. Saat kondisi tersebut terjadi akan berimbas pada rasa pusing karena suplai darah jadi tidak teratur. Dalam jangka panjang, efek tersebut tidak baik bagi kesehatan jantung dan tubuh secara keseluruhan.

  1. Adaptasi ruangan dan gerakan

Pemanasan sebelum olahraga inti membantu atlet untuk beradaptasi, baik pada ruangan maupun gerakan. Adaptasi ruangan bermanfaat untuk memanaskan tubuh sehingga tidak terasa dingin. Sedangkan adaptasi gerakan akan memudahkan atlet saat melakukan gerakan tertentu.

  1. Membantu perubahan hormon

Pemanasan membantu Anda meningkatkan produksi hormone seperti hormone kortisol dan epinefrin. Hormon dalam tubuh membantu pengaturan produksi energi yang dibutuhkan saat berolahraga.

  1. Sarana refreshing

Secara psikis, pemanasan dalam olahraga membantu menyegarkan pikiran sehingga membantu pikiran lebih fresh. Pemanasan sebelum olahraga bisa pula dilakukan secara menyenangkan misalnya dengan memainkan sebuah permainan ringan.

  1. Menyempurnakan postur tubuh

Pemanasan berguna untuk menambah fleksibilitas otot dan melatih sendi. Keduanya berdampak pada perbaikan postur tubuh. Namun untuk mendapatkan manfaat tersebut Anda harus rajin olahraga dan caranya harus tepat.

Itulah informasi terkait manfaat pemanasan sebelum olahraga. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.