Bagikan:

JAKARTA - Bintang anyar Barcelona, Vitor Roque, bakal langsung berduet dengan striker Robert Lewandowski saat menghadapi Las Palmas di pertandingan La Liga 2023/2024.

Laga yang menjadi debut Roque digelar di Stadion de Gran Canaria, Jumat, 5 Januari 2024, dini hari WIB.

Roque menjadi kekuatan anyar Barca setelah direkrut dari Athletico Paranaense dengan harga 30 juta euro. Nilai itu akan bertambah menjadi 31 juta euro berdasarkan bonus yang diraih Roque.

Pemain berusia 18 tahun ini sudah bergabung dengan Barca sejak pekan lalu dan mulai berlatih bersama tim. Manajer Xavi Hernandez berharap Roque bisa langsung menjalani debut dan diduetkan dengan Lewandowski.

"Dia (Roque) akan masuk skuat. Saya berharap dia sudah didaftarkan," kata Xavi.

"Kami tidak akan tergesa-gesa dan biarlah dia selangkah demi selangkah bersama kami. Dia masih berusia 18. Jadi, kami tidak akan membebaninya dengan tanggung jawab yang besar karena masih butuh adaptasi," ucapnya.

Meski masih muda, Roque sudah memiliki jam terbang pertandingan tinggi di Brasil. Dirinya juga bisa bermain sebagai sayap atau mengambil peran nomor 9 atau centre forward.

"Dia sesungguhnya cukup cepat beradaptasi dan siap dimainkan. Apalagi, latihan dia juga bagus. Meski demikian, kami harus hati-hati," ujar Xavi lagi.

"Dia bisa bermain bersama (Lewandowski) dengan sangat baik. Dia bisa bermain di sayap atau nomor 9."

"Ini menjadikan sektor itu kian kompetitif karena sudah ada Lewandowski, Ferran (Torres), Joao (Felix), Raphinha, dan Lamine (Yamal). Ini tentu hal yang bagus," ucapnya.

Roque menunjukkan kehebatannya di lini depan dengan mencetak 28 gol dari 81 pertandingan bersama Athletico Paranaense. Bergabung dengan Barca menjadi pengalaman pertama Roque di Eropa.

"Kami akan membantu dia beradaptasi. Ada Raphinha yang selalu mendampingi rekan-rekannya dari Brasil. Ada pula (Ronald) Araujo yang bisa berbahasa Portugis," ujar Xavi.

Xavi menaruh harapan Roque bisa menjadi andalan anyar Barca di lini depan. Terutama dengan menurunnya performa Lewandowski.