Peminjaman Jadon Sancho, Borussia Dortmund Dapat Pesaing dari West Ham United
Pemain sayap Manchester United Jadon Sancho (X/@ManUtd).

Bagikan:

JAKARTA - Borussia Dortmund yang paling berpeluang mendapatkan pemain sayap Manchester United Jadon Sancho. Namun, tiba-tiba West Ham United sebagai pesaing yang juga tertarik meminjam Sancho.

Sancho harus meninggalkan Old Trafford demi menyelamatkan kariernya. Pasalnya, Sancho sudah tak lagi menjadi bagian dari skuad MU selama tidak meminta maaf kepada Manajer Erik ten Hag.

Dortmund, eks klub Sancho, tertarik membawa kembali pemain berusia 23 ini untuk bermain di Bundesliga. Apalagi, Sancho memang moncer saat bermain di Die Borussen.

Selama empat musim di Jerman, dirinya mencetak 50 gol dan 64 assist dari 137 penampilan bersama Die Borussen di berbagai kompetisi.

Sancho juga membawa Dortmund memenangi Piala Jerman atau DFB-Pokal 2021 dan Piala Super Jerman atau DFL-Supercup 2019.

Kontras dengan pencapaian Sancho di MU. Dirinya direkrut pada 2021 dengan harga mahal, 73 juta poundsterling.

Namun, Manajer Ole Gunnar Solskjaer yang saat itu menangani MU malah jarang memainkannya. Padahal, Solskjaer sendiri yang meminta MU untuk memboyong Sancho.

Saat Ten Hag menggantikan Solskjaer, nasib Sancho tak berubah. Dirinya total hanya bermain 82 kali di berbagai kompetisi.

Meski begitu, Sanco masih bisa mengemas 12 gol dan membawa MU memenangi Carabao Cup 2023.

Gagal tampil maksimal selama di MU dan kemudian berseteru dengan Ten Hag menjadikan Sancho berharap bisa hengkang. Klub siap melepas sang pemain.

Peluang itu ingin dimanfaatkan Dortmund. Namun, mereka hanya bersedia menampung Sancho dengan status pinjaman sampai akhir musim.

Gaji tinggi Sancho memang agak menyulitkan Dortmund mesko MU juga bakal menyokong gaji dia.

Hanya saja, Dortmund sempat mendapat pesaing dari klub Bundesliga, seperti Bayer Leverkusen, RB Leipzig dan Stuttgart. Meski demikian Dortmund yang paling berpeluang memulangkan Sancho.

Persoalannya, bursa transfer untuk pemain dengan masa kontrak pendek tetap panas. Terakhir, West Ham berharap bisa merebut Sancho yang hampir dipastikan ke Dortmund.

Manajer David Moyes tengah memantau situasi Sancho di MU. Pasalnya, The Hammers tengah butuh pemain sayap.

Moyes menilai Sancho bisa menjadi solusi jangka pendek West Ham. Seperti halnya Dortmund, klub London ini juga hanya meminjam Sancho sampai akhir musim.

Namun, nasib Sancho bisa berubah di MU. Kedatangan Sir Jim Ratcliffe, pemilik anyar saham MU meski hanya 25% melalui INEOS, bakal menjadi penentu apakah Sancho diizinkan pergi atau justru dipertahankan.

Meski bukan pemegang saham mayoritas, Ratcliffe mendapat hak penuh menentukan siapa yang hendak pergi maupun datang.

Nah, orang terkaya di Inggris Raya ini disebut-sebut bakal memecat Ten Hag yang tak menunjukkan kinerja bagus musim ini.

Bila eks pelatih Ajax Amsterdam ini diberhentikan maka Sancho malah berpeluang bertahan di MU. Pasalnya, dia hanya berselisih dengan Ten Hag dan Ratcliffe memberi sinyal mempertahanlan Sancho.