Perjuangan Emma Raducanu Melewati Masa Sulit Cedera
Emma Raducanu berjuang keras semasa cedera selama setahun kemarin (Instagram/@emmaraducanu).

Bagikan:

JAKARTA - Emma Raducanu mengabarkan dirinya sudah siap bertanding kembali. Auckland Classic atau ASB Classic 2024 menjadi ajang pertamanya untuk comeback setelah satu tahun berkutat dengan cedera.

Cedera pergelangan tangan dan kaki sangat mengganggu kariernya. Dia harus absen sepanjang 2023.

Juara US Open di Flushing Meadows pada 2021 itu menceritakan bagaimana perjuangannya melewati cedera. Dia kesulitan rehabilitasi setelah beberapa kali menjalani operasi.

"Saya sempat akan bermain dan kemudian saya mengalami masa di mana saya tidak bisa bermain lagi selama dua bulan karena salah satu pergelangan tangan saya. Itu sangat sulit karena saya merasa seperti baru saja memulai dan kemudian saya mundur lagi."

"Itu sulit, terutama dalam beberapa bulan pertama. Ketika Anda terbiasa aktif dan bergerak sepanjang waktu, tiba-tiba segalanya terputus (berhenti)."

emma raducanu
Emma Raducanu selepas operasi pergelangan tangan (Instagram/@emmaraducanu).

Cedera pergelangan tangan dan kaki dialami Raducanu berbarengan. Tak heran, dia sangat kesulitan untuk berpindah-pindah tempat.

"Saya mengalami dua pergelangan tangan dan satu kaki (cedera) jadi saya bahkan tidak bisa menggunakan kruk. Saya pada dasarnya seperti skuter dan Anda akan mendorong diri sendiri dengan satu kaki."

"Itu sangat sulit. Saya tidak bisa pergi ke mana pun. Saya tidak bisa pergi ke supermarket, bayangkan jika saya tidak bisa bergerak," kata petenis 21 tahun tersebut di Sky Sports.

Meski begitu, Raducanu tak patah arang. Semangatnya untuk kembali berkompetisi menjadi pemicu sembuh dari cedera.

Dia sekarang sudah benar-benar pulih. Pertandingan pertama di ASB Classic 2024 dilibas dengan menaklukkan Elena-Gabriela Ruse dalam tiga gim.

"Saya pikir hal ini jelas menyalakan kembali semangat untuk kembali berkompetisi dan membuat saya menghargai kesehatan saya," tutur Raducanu.

Selama hampir sepanjang 2023 absen karena cedera, peringkat Raducanu merosot drastis. Dia kini ada di peringkat ke-298 dunia.

Setahap demi setahap, jika tak ada rintangan, petenis asal Britania Raya itu akan memperbaik posisinya sepanjang 2024.

Sebelumnya, Emma Raducanu pernah berada di peringkat ke-10 dunia. Itu merupakan peringkat tertinggi dalam kariernya yang dicapai pada Juli 2022.