Wayne Rooney Resmi Dipecat Birmingham City meski Masa Jabatan Baru Seumur Jagung
Wayne Rooney dipecat dari Manajer Birmingham City (Instagram/@bcfc).

Bagikan:

JAKARTA - Mantan pesepak bola yang kini menjadi manajer tim, Wayne Rooney, sempat menangani Birmingham City sejak Oktober 2023. Namun, dia dipecat Birmingham setelah menukangi tim sebanyak 15 pertandingan.

Kabar pemecatan Rooney dibagikan Birmingham City lewat laman resmi mereka. Alasan utama keputusan ini diambil karena situasi tim yang tak kunjung membaik.

“Birmingham City hari ini berpisah dengan Wayne Rooney dan pelatih tim utama, Carl Robinson. Meski mereka telah berupaya sebaik-baiknya, hasil yang diperoleh belum memenuhi harapan yang telah dijelaskan di awal."

"Oleh karena itu, Dewan klub merasa perubahan manajemen perlu dilakukan demi kepentingan terbaik klub,” tulis pihak Birmingham melalui situs resmi klub dikutip pada Rabu, 3 Januari 2024.

Rooney sebelumnya direkrut sebagai Manajer Birmingham setelah meninggalkan DC United. Saat eks pemain Manchester United itu tiba, Birmingham ada di peringkat kelima klasemen Championship (level kedua kompetisi Inggris) dan kini tim merosot ke posisi 20.

Dari 15 pertandingan di semua kompetisi, Birmingham hanya menang dua kali bersama Rooney. Birmingham menelan tiga kekalahan dan dua hasil seri dalam lima pertandingan terakhir.

“Kami berkomitmen melakukan apa yang diperlukan untuk membawa kesuksesan bagi St. Andrew's. Sayangnya, waktu Wayne bersama kami tidak berjalan sesuai rencana. Kami memutuskan untuk bergerak ke arah yang berbeda,” ucap CEO Birmingham, Garry Cook.

Setelah pemecatan Rooney, Birmingham akan memulai pencari manajer baru dan secara berkala akan memberikan perkembangan kepada para penggemar.

“Pencarian penggantinya akan segera dimulai. Kami akan memberikan informasi terbaru kepada para pendukung ketika kami memiliki berita lebih lanjut,” kata Cook menambahkan.

Karier Rooney sebagai pelatih memang terbilang belum mengilap. Sebelumnya, saat menangani Derby County mulai Januari 2021, Rooney sebenarnya mampu menghindari Derby dari zona degradasi.

Sayang, pada musim berikutnya Derby kehilangan 21 poin karena pelanggaran administrasi dan EFL. Tim terkena embargo transfer hingga akhirnya terdegradasi.

Pada kesempatan di pengujung kariernya bersama Birmingham, Rooney tak lupa mengucapkan perpisahan dan rasa terima kasih kepada tim yang telah memberinya kesempatan.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Tom Wagner, Tom Brady, dan Garry Cook atas kesempatan untuk mengelola Birmingham City FC serta dukungan yang mereka semua berikan kepada saya selama periode singkat saya bersama klub,” kata Rooney dalam pernyataan resmi.

“Sepak bola adalah bisnis hasil. Saya akui mereka belum mencapai level yang saya inginkan. Namun, waktu adalah komoditas paling berharga yang dibutuhkan seorang pelatih. Saya rasa 13 minggu tidak cukup untuk mengawasi perubahan yang diperlukan,” ujar Rooney.