Legenda Manchester United Akan Jadi Asisten Pep Guardiola di Manchester City?
Pep Guardiola membuka pintu untuk Wayne Rooney ke Manchester City sebagai asisten manajer (Instagram/@pepteam).

Bagikan:

JAKARTA - Manchester City membuka pintu lebar buat Legenda Manchester United, Wayne Rooney, untuk menjadi asisten Manajer Pep Guardiola.

Rooney belakangan memuji bos The Citizens tersebut. Menanggapi pujian itu, Guardiola mengundang mantan pemain The Red Devils tersebut ke Etihad.

Manajer asal Spanyol itu dengan senang hati menunggu kedatangan Rooney untuk melihat bagaimana City bekerja.

Rooney diketahui memang tengah menganggur usai dipecat dari kursi Manajer Birmingham City pada Oktober 2024. Peluangnya bergabung The Citizens sebagai asisten manajer kini terbuka.

"Saya tidak tahu di mana dia tinggal. Itu Cheshire? Jadi, dekat saja."

"Dia bisa datang kapan saja, dia sangat diterima," kata Guardiola di The Sun.

Guardiola telah menghabiskan delapan tahun di Inggris dan tahu betapa dihormatinya Rooney sebagai pemain.

Rooney saat ini ingin mengasah kemampuan manajerialnya. Guardiola tentu menjadi sosok yang pas sebagai tempat belajar setelah dia menukangi Derby County, DC United, dan Birmingham City.

"Bagi kota kami, tentu saja dia (Rooney) penting. Namun, dia adalah Setan Merah, dia adalah United, tapi tentu saja itu bagus untuk kita semua."

"Wayne Rooney telah menjadi salah satu pemain terhebat di negara ini sepanjang masa. Jadi, jika dia memberikan pujian kepada kita semua, itu bagus."

"Dia bekerja di sini selama bertahun-tahun. Jadi, dia tahu. Dia memenangi banyak Liga Inggris."

"Itu berarti dia tahu betapa sulitnya untuk berada di atas sana. Itulah mengapa dia tahu betapa sulitnya," kata Guardiola lagi.

Rooney menilai Guardiola menjadi manajer yang baik untuk dijadikan teladan. Alasannya jelas, dia melihat bagaimana kesuksesan Mikel Arteta di Arsenal.

Arteta telah membangun kembali The Gunners sejak 2019. Sebelum sukses di Arsenal, dia menghabiskan tiga tahun sebagai asisten pelatih Guardiola.

"Anda lihat apa yang dilakukan Arteta sekarang. Saya sangat yakin sebagian besar dari hal itu berasal dari pembelajaran yang dilakukan Guardiola dan itu tergantung pada situasinya," tutur Rooney.