Tiru Filosofi Pep Guardiola, Erik ten Hag Bakal Jadikan Manchester United Seperti Barcelona?
Pelatih Ajax Amsterdam, Erik Ten Hag, jadi kandidat manajer Manchester United. (Foto: Instagram.com/@afcajax)

Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Ajax Amsterdam, Erik ten Hag, menjadi kandidat manajer Manchester United musim depan. Pria asal Belanda ini sudah bertemu dengan manajemen Setan Merah untuk melakukan proses wawancara.

Kabarnya, manajemen Manchester United nampak tertarik dengan pemaparan Erik ten Hag. Bukan tak mungkin, dia akan menggantikan posisi Ralf Rangnick musim depan.

Jika itu yang terjadi, pola permainan Manchester United diyakini bakal berubah total. Ada peluang klub yang bermarkas di Old Trafford itu bakal mengusung gaya yang sama dengan Barcelona, Bayern Munchen atau Manchester City saat ditangani Pep Guardiola.

Perlu diketahui, Ten Hag adalah mantan asisten dari Guardiola di Bayern Munchen. Di sana dia mendapatkan banyak ilmu dari manajer asal Spanyol itu.

Dia tak mengelak saat disebut meniru filosofi dari manajer asal Spanyol itu. Filosofi itulah yang dia bangun di Ajax Amsterdam saat ini.

"Saya belajar banyak dari Guardiola. Filosofinya sungguh sensasional," ujar Ten Hag dalam sebuah wawancara, seperti dilansir Mirror.

"Apa yang dia lakukan di Barcelona, Bayern dan sekarang City, adalah gaya menyerang yang membawanya meraih banyak kemenangan. Itu struktur yang saya coba implementasikan di Ajax," lanjutnya.

Guardiola memang dikenal sebagai manajer yang mengusung permainan menyerang. Selama melatih Barcelona, Bayern dan sekarang Manchester City, Guardiola menerapkan gaya tiki-taka.

Meski tak sama persis, permainan Ajax memang nampak terinspirasi dari filosofi Guardiola. Apakah Ten Hag akan menerapkannya di Manchester United ketika terpilih nanti? Kita lihat saja.

Terkait