Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Xavi Hernandez yakin dengan peluang Barcelona dalam perburuan titel La Liga Spanyol dengan Real Madrid. Terutama setelah mengalahkan Las Palmas 1-0 sehingga Barca kembali membayangi Madrid.

Barca merapatkan jarak poin dengan Madrid setelah menang atas Las Palmas dalam laga di Stadion Olimpic Lluis Companys, Minggu, 31 Maret 2024 dini hari WIB. Satu-satunya gol kemenangan Barca dihasilkan Raphinha di menit 59.

Kemenangan itu memangkas jarak poin dengan Madrid menjadi lima. Kini, Barca yang menduduki peringkat dua mengantungi poin 67. Mereka juga sudah unggul lima poin dengan Girona.

Bila Madrid kehilangan poin saat menjau Athletic Bilbao, maka persaingan memperebutkan titel kian ketat.

Pasalnya, kompetisi masih menyisakan sembilan pertandingan. Kedua tim juga masih bertemu dalam el clasico pada 21 April 2024. Laga itu diprediksi akan menentukan nasib kedua tim.

"Kami masih punya peluang meraih dua titel musim ini. Kami juga terus bermain baik," kata Xavi.

"Pertandingan melawan Las Palmas sangat penting dan kami masih akan bersaing di La Liga. Kami memberi tekanan kepada Madrid dan tetap akan berusaha keras dalam perebutan titel," ucapnya.

Di laga itu, Barca menunjukkan dominasi atas Las Palmas. Mereka sesungguhnya sempat membobol gawang lawan lewat Robert Lewandowski dan Raphinha. Namun dua gol itu dianulir karena offside.

Las Palmas akhirnya bermain dengan 10 orang setelah dikartumerahnya kiper Alvaro Valles karena melakukan pelanggaran terhadap Raphinha di menit 24. Meski demikian Barca hanya bisa menang satu gol saat menghadapi tim dengan 10 pemain.

"Kami mulai bisa menguasai pertandingan setelah diusirnya kiper mereka. Kami seharusnya bisa mencetak lebih banyak gol dan menang secara meyakinkan," kata Xavi.

"Kami tahu Las Palmas bertahan dengan sangat kuat. Ini yang menjadikan saya menurunkan Lamine (Yamal) dan Raphinha. Keduanya sangat bagus dalam menciptakan ruang," ujarnya.

Kemenangan atas Las Palmas menjadikan Barca tak terkalahkan selama sembilan pertandingan terakhir. Usai laga ini, Barca menghadapi Paris Saint-Germain di perempat final Liga Champions.