Kapan FIBA World Cup atau Piala Dunia Basket 2023? Berikut Uraiannya
Ilustrasi FIBA World Cup 2023. ( Markus Spiske - Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Pada tahun 2023, Piala Dunia FIBA hendak diselenggarakan oleh banyak negarai untuk kali pertamanya. Filipina, Jepang, serta Indonesia semuanya hendak jadi tuan rumah, dengan perlombaan dimainkan di tiap- tiap spot dari ketiga negeri itu. Lalu kapan Fiba World Cup 2023 akan diselenggarakan?

Kapan Fiba World Cup 2023

Piala Dunia FIBA​​ tahun ini awal mulanya dijadwalkan buat tahun 2018, namun diundur satu tahun buat memperoleh kegiatan pada daur yang berlainan dari Piala Dunia FIFA. Itu penyebabnya versi kegiatan selanjutnya dijadwalkan buat tahun 2023. Piala Dunia tahun ini akan berjalan dari 1- 17 September 2023.

Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia FIBA ​​untuk pertama kalinya, sedangkan Filipina dan Jepang akan menjadi tuan rumah kedua kalinya. Filipina menjadi tuan rumah turnamen pada tahun 1978, yang dimenangkan oleh Yugoslavia, sedangkan Jepang menjadi tuan rumah pada tahun 2006, ketika Spanyol memenangkan medali emas.

"Kami sangat senang melihat federasi nasional bekerja sama dan mengajukan tawaran dengan kualitas terbaik untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia kami," kata presiden FIBA Horacio Muratore dalam sebuah pernyataan ketika kota tuan rumah diumumkan pada 2017. Final Piala Dunia Bola Basket FIBA dimainkan di tempat yang dipenuhi lebih dari 50.000 penggemar bola basket di Filipina, negara di mana bola basket adalah agama."

Akan ada empat tempat yang menyelenggarakan pertandingan di Filipina—Mall of Asia Arena di Pasay, Smart Araneta Coliseum di Quezon City, Philippine Arena di Bocaue, dan PhilSports Arena di Pasig.

Pertandingan yang dimainkan di Indonesia akan diselenggarakan di Istora Gelora Bung Karno di Jakarta, sedangkan permainan yang dimainkan di Jepang akan berlangsung di Okinawa Arena di Okinawa.

Fase grup akan berlangsung di ketiga negara, dan Filipina akan menjadi tuan rumah fase terakhir.

Meski negara tuan rumah otomatis lolos ke FIBA World Cup, penyertaan Indonesia memiliki ketentuan bahwa negara tersebut akan membuat timnasnya kompetitif pada 2021. Indonesia belum pernah mengikuti Piala Dunia sebelumnya.

Daftar 32 Peserta Piala Dunia Basket 2023

Afrika: Angola, Tanjung Verde, Pantai Gading, Mesir, Sudan Selatan 

Amerika: Brasil, Kanada, Republik Dominika, Meksiko, Puerto Riko, AS, Venezuela 

Asia: Australia, Cina, Iran, Jepang, Yordania, Lebanon, Selandia Baru, Filipina 

Eropa: Prancis, Finlandia, Georgia, Jerman, Yunani, Italia, Latvia, Lituania, Montenegro, Serbia, Slovenia, Spanyol

Jadi setelah mengetahui kapan Fiba World Cup 2023i, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!