Daftar Peserta Piala Dunia Basket 2023, Eropa Kirim Wakil Terbanyak
Ilustrasi pertandingan basket (foto via Antara)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Rangkai babak kualifikasi untuk ajang FIBA 2023 telah berakhir dan tinggal menunggu gelaran kompetisinya pada pertengahan tahun nanti. Sebanyak 32 tim lolos menjadi peserta piala dunia basket 2023 tersebut. 

Indonesia menjadi salah satu tuan rumah dalam gelaran FIBA World Cup 2023 bersama Jepang dan Filipina. Namun sayang sekali Timnas Basket Indonesia tidak berhasil mengamankan tiket ke ajang internasional tersebut. Timnas gagal masuk perempat final Piala Asia Basket 2022. 

Meski tanpa timnas, masyarakat Indonesia sudah tidak sabar menantikan serunya kompetisi piala dunia basket tersebut. Undian atau drawing babak penyisihan grup untuk FIBA 2023 akan dilakukan pada 29 April 2023. 

Peserta Piala Dunia Basket 2023

Sebanyak 32 tim terbagi ke dalam empat zona, yaitu Zona Asia dan Oseania, Eropa, Afrika, dan Amerika. Berikut daftar 32 tim yang lolos ke babak utama FIBA World Cup 2023.

Zona Asia dan Oseania: Australia, Cina, Iran, Jepang, Yordania, Lebanon, Selandia Baru, Filipina.

Zona Eropa: Finlandia, Prancis, Georgia, Jerman, Yunani, Italia, Latvia, Lithuania, Montenegro, Serbia, Slovenia, Spanyol.

Zona Afrika: Angola, Tanjung Verde, Mesir, Pantai Gading, Sudan Selatan.

Zona Amerika: Brasil, Kanada, Republik Dominika, Meksiko, Puerto Rico, Amerika Serikat, Venezuela.

Empat Tim Debutan dalam FIBA World Cup 2023

Dari sebanyak 32 peserta Piala Dunia Basket 2023, empat di antaranya akan melakoni debutnya dalam ajang internasional kali ini. Empat negara yang akan tampil untuk pertama kali tersebut berasal dari Zona Eropa dan Zona Afrika. 

Dua tim dari Zona Eropa yang akan tampil debut di FIBA 2023 adalah Georgia dan Latvia. Sementara dua tim debut dari Zona Afrika adalah Tanjung Verde dan Sudah Selatan. 

Di samping itu, ada lima tim yang bakal kembali berlaga di Piala Dunia Basket setelah absen pada kompetisi edisi 2019. Lima tim tersebut, yaitu Finlandia, Slovenia, Mesir, Lebanon, dan Meksiko. 

Eropa menjadi benua dengan penyubang peserta terbanyak yakni 12 negara. Sementara Benua Asia sebagai penyumbang peserta terbanyak kedua dengan mengirimkan delapan wakil. Afrika menjadi zona dengan peserta paling sedikit, yakni hanya lima tim.

Indonesia Gagal Masuk sebagai Peserta FIBA 2023

Meski berstatus sebagai tuan rumah Piala Dunia Basket 2023, Indonesia tidak masuk daftar peserta. Timnas merah putih gagal memanfaatkan jalur kualifikasi, sehingga tidak tembus dalam babak utama FIBA 2023. 

FIBA memberi kesempatan kepada Timnas Indonesia untuk membuktikan kualitasnya. Federasi basket dunia tersebut menyediakan jalur kedua yaitu dengan syarat lolos ke perempat final Piala Asia FIBA 2023. Namun dalam kompetisi yang digelar di Jakarta tahun lalu tersebut Indonesia masih belum berhasil lolos. 

Kapan FIBA World Cup 2023 Digelar?

Piala Dunia Basket 2023 akan diselenggarakan pada 25 Agustus hingga 10 September 2023. Indonesia menjadi tuan rumah untuk laga penyisihan Grup G dan H. 

Venue untuk penyelenggaraan FIBA 2023 di Indonesia bertempat di Indoor Multifunction Stadium (IMS), Komplek Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta. Pembangunan IMS sudah hampir selesai dan siap untuk menggelar ajang pertandingan basket bergengsi tersebut. 

IMS merupakan stadion berkonsep indoor yang memiliki kapasitas penonton sebanyak 16.088. Pembangunan IMS ditargetkan rampung bulan Juni 2023. 

Demikianlah informasi mengenai peserta Piala Dunia Basket 2023. Ada sebanyak 32 tim dari berbagai benua yang akan tampil dalam ajang FIBA 2023. Drawing fase grup akan dilakukan pada 29 April di Arena Coliseum, Manila, Filipina.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.