Program Perempuan Inovasi 2023: Dorong Kesadaran tentang Peran Perempuan di Bidang Teknologi
Peluncuran Program Perempuan Inovasi 2023 (foto: dok. Magnifique Indonesia)

Bagikan:

JAKARTA - Dengan misi meningkatkan kesadaran tentang pentingnya peran perempuan dalam dunia inovasi dan teknologi, Markoding (Yayasan Daya Kreasi Anak Bangsa), Yayasan Dian Sastrowardoyo, dan Magnifique Indonesia berkolaborasi untuk meluncurkan Program Perempuan Inovasi 2023. 

Berdasarkan penelitian dari Boston Consulting Group (2020), hanya sekitar 22 persen dari perempuan tersebut yang bekerja di bidang Sains, Teknologi, Engineering, Teknik, dan Matematika (STEM).

Adapun salah satu tantangan utama yang dihadapi perempuan di bidang STEM adalah kurangnya representasi dan peran model yang kuat, dan juga stereotip gender yang berhubungan dengan kemampuan dan minat dalam bidang STEM.

Melalui program ini, peserta akan mendapatkan kesempatan untuk dibekali dengan keterampilan yang relevan dengan industri untuk mengembangkan inovasi guna memecahkan masalah terkait gender di lingkungan sekitar mereka, secara gratis.

"Program Perempuan Inovasi 2023 diharapkan tidak hanya memberikan peluang, tetapi juga mengukuhkan kolaborasi untuk menginspirasi dan mewujudkan potensi luar biasa yang dimiliki oleh setiap perempuan sebagai agen perubahan dan pendorong kesetaraan gender," ujar Amanda Simandjuntak, Co-founder & CEO Markoding dalam pernyataannya.

Dian Sastrowardoyo berharap, para perempuan bisa memperoleh solusi terkait isu perempuan dan teknologi serta gender yang sering kali menjadi penghalang untuk memaksimalkan kemampuan mereka di ranah profesional.

Tahapan program dimulai dari pendaftaran partisipan hingga 23 Agustus 2023, disusul dengan program kelas web development dan UI/UX hingga tanggal 3 September 2023, kemudian tech bootcamp mulai bulan Oktober 2023 hingga Februari 2024. Puncak acara dilaksanakan pada Demo Day di bulan Maret 2024. 

Selain peluncuran program Perempuan Inovasi 2023, Markoding, Yayasan Dian Sastrowardoyo, dan Magnifique Indonesia membuka kesempatan bagi peserta yang ingin ikut serta dalam forum diskusi terkait inovasi, dengan mengikuti sesi talkshow dan workshop yang berlangsung jam 10.30 WIB sampai dengan 17.30 WIB di Ganara Art, Plaza Indonesia.  Adapun topik dan kegiatan yang dapat diikuti:

Sesi Talkshow 1: Perempuan Inovasi untuk Teknologi bersama:

  • Tri Mumpuni, Ilmuwan
  • Amanda Simandjuntak, Co-founder & CEO Markoding
  • Dian Sastrowardoyo, Founder Yayasan Dian Sastrowardoyo (Moderator)
  • Mia Melinda, CEO Telkomsel Mitra Inovasi

Sesi Talkshow 2: Perempuan Inovasi untuk Lingkungan bersama:

  • Chitra Subyakto, Pendiri dan Direktur Kreatif Sejauh Mata Memandang
  • Farwiza Farhan, Founder Yayasan HAkA
  • Nathalie Indry, Host (Moderator)

Workshop Dream Big: Semua Dimulai dari Mimpi bersama:

  • Aryani Willems, seniman dan aktivis