Bagikan:

JAKARTA - Pinterest meluncurkan fitur baru yang dibuat khusus untuk meningkatkan keamanan remaja di platformnya, mencakup profil pribadi, lebih banyak kontrol atas pengikut dan lainnya.

Perusahaan mengatakan pengguna yang berusia 16 tahun ke atas dapat mengatur profil mereka secara pribadi atau publik.

"Profil pribadi tidak dapat ditemukan oleh orang lain di platform dan akan tetap menjadi pilihan default serta satu-satunya untuk remaja di bawah usia 16 tahun, kecuali mereka mengirimkan tautan unik untuk ditemukan oleh keluarga dan teman mereka," kata Pinterest, Selasa, 22 Agustus.

Pengguna juga akan memiliki kontrol lebih besar atas siapa yang dapat mengikuti mereka. Untuk remaja di bawah usia 16 tahun, pengikut akan dihapus sehingga mereka dapat memutuskan siapa yang boleh mengikuti dan hanya berkolaborasi dengan orang yang mereka percaya.

Selain itu, semua pengguna dapat meninjau dan menghapus pengikut mereka. Pinterest juga merilis lebih banyak cara untuk membantu pengguna membuat keputusan tentang siapa yang dapat dan tidak dapat menghubungi mereka.

Pesan dan papan grup akan tersedia untuk semua pengguna, selama mereka memberikan izin. Remaja di bawah usia 16 tahun hanya dapat mengirim dan menerima pesan dari pengikut bersama yang telah diterima melalui tautan profil unik.

Namun, tautan itu nantinya akan kedaluwarsa setelah tiga hari atau ketika mereka mendapatkan lima pengikut baru dengan tautan yang dapat dibagikan.

Lebih lanjut, orang tua sudah dapat memilih untuk meminta kode sandi untuk mengubah pengaturan akun tertentu pada anak-anak mereka.

"Kami memberikan pengasuh kemampuan untuk dengan mudah memilih masuk dan keluar dari kode sandi orang tua dan memperbarui pengaturan yang dilindungi pada akun remaja mereka," ujar Pinterest.