Bagikan:

JAKARTA - Jika Anda pernah melihat titik hijau di bagian atas layar ponsel Android Anda, itu bisa menjadi tanda peringatan bahwa seseorang mungkin sedang memantau, mengintai atau mendengarkan Anda.

Titik tersebut adalah indikator bahwa sebuah aplikasi menggunakan sensor pada ponsel Android Anda, entah itu mikrofon atau kamera.

Ini bisa muncul karena alasan yang sepenuhnya tak berbahaya, misalnya jika Anda menggunakan aplikasi perekam suara atau melakukan panggilan telepon.

Namun, jika Anda melihat titik hijau dan tidak tahu mengapa itu muncul, ini bisa menjadi tanda adanya aplikasi "spyware" di ponsel Anda.

DailyMail.com telah merinci bagaimana tanda peringatan serupa kadang muncul di iPhone. Untungnya, cukup mudah untuk mengetahui aplikasi mana yang menggunakan mikrofon Anda (titik Indikator Privasi ditambahkan ke setiap ponsel Android dalam pembaruan Android 12, dan akan ada baik Anda menggunakan Samsung, Pixel, atau merek lainnya).

"Sebagian besar waktu, titik hijau tidak perlu dikhawatirkan, tetapi jika Anda curiga sedang diawasi, Anda harus segera bertindak," kata Jamie Akhtar, CEO dan salah satu pendiri CyberSmart, kepada DailyMail.com.

"Biasanya melihat titik hijau di layar Android Anda bukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan. Dalam kebanyakan kasus, itu hanya berarti bahwa sebuah aplikasi menggunakan mikrofon (atau kamera) perangkat Anda. Ini bisa disebabkan oleh aplikasi pihak ketiga atau fungsi dasar perangkat Anda seperti asisten suara," tambahnya.

"Pada umumnya, ini akan menjadi aplikasi yang telah Anda izinkan untuk menggunakan fungsi-fungsi ini, tetapi jika Anda melihat titik hijau atau oranye bahkan jika Anda tidak menggunakan aplikasi apa pun, maka saatnya untuk menyelidikinya," ujarnya. 

"Kemungkinan penyebab terbesar adalah Anda telah memberi izin kepada aplikasi untuk mengakses kamera atau mikrofon Anda bahkan ketika tidak digunakan. Periksa ini di bagian 'izin' pengaturan perangkat Anda," ungkap Akhtar.

"Jika ini bukan kasusnya, ini bisa berarti ponsel Anda telah diretas dan menggunakan spyware untuk melacak apa yang Anda lakukan," tuturnya.

Jika Anda mencurigai bahwa spyware telah diinstal di ponsel Anda, Akhtar menyarankan untuk menjalankan pemindaian malware (buka Play Store, lalu ketuk profil Anda, lalu Play Protect, lalu Pindai).

Akhtar juga menyarankan untuk mengganti kata sandi Anda (terutama yang penting seperti kata sandi email), tetapi jangan melakukannya di perangkat yang terkena dampak, lalu melakukan pengaturan ulang pabrik pada perangkat.

Jika Anda melihat titik hijau, cukup mudah untuk mengetahui aplikasi apa yang memicunya. Tarik ke bawah dari bagian atas layar jika Anda melihat titik hijau, dan Anda akan melihat ikon mikrofon atau kamera, menunjukkan sensor mana yang sedang digunakan. Ketuk ikon tersebut, dan Anda akan melihat aplikasi mana yang menggunakannya.

Dari layar tersebut, Anda dapat mencabut izin aplikasi untuk menggunakan mikrofon atau kamera (meskipun jika sebuah aplikasi menggunakan salah satu secara tak terduga, lebih baik menghapusnya sama sekali).

Anda juga dapat melihat catatan yang jelas mengenai aplikasi mana yang telah menggunakan sensor mana, menit per menit.

Dari layar ini, ketuk aplikasi yang telah menggunakan mikrofon atau kamera Anda, dan Anda dapat melihat daftar lengkap sensor-sensor yang telah digunakan oleh aplikasi terseb